Kamis 31 May 2018 13:58 WIB

UMM Luncurkan My UMM for Parents

Aplikasi dirancang membuka komunikasi dua arah antara orang tua, mahasiswa dan kampus

Rep: Wilda Fizriyani / Red: Ani Nursalikah
Aplikasi My UMM for Parents dari Universitas Muhammadiyah Malang.
Foto: UMM
Aplikasi My UMM for Parents dari Universitas Muhammadiyah Malang.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Tingginya peningkatan penggunaan aplikasi digital dalam berbagai aspek pekerjaan menuntut berbagai instansi, utamanya pendidikan untuk akrab dengannya. Begitu pula dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Setelah sukses menggunakan aplikasi PMB UMM dan UMM Booklet pada penerimaan mahasiswa Jalur Prestasi I dan II, kini UMM kenalkan aplikasi khusus orang tua wali mahasiswa.

“Aplikasi ini dirancang membuka komunikasi dua arah antara orang tua wali mahasiswa dan kampus,” kata kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) Rahmad Wijaya.

Hadirnya aplikasi yang diberi nama My UMM for Parents ini merupakan pusat informasi bagi orang tua wali mahasiswa UMM. Dalam aplikasi ini tersedia sembilan informasi terkait aktivitas mahasiswa UMM sejak semester awal hingga semester akhir diantaranya informasi tentang Dosen Wali, Keuangan, Kartu Rencana Studi (KRS), Jadwal Kuliah, Presensi, Kartu Hasil Studi (KHS), Transkrip Nilai, Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Tugas Akhir.

Diluncurkannya aplikasi ini juga memberikan banyak kemudahan bagi orang tua wali mahasiswa dalam mengenal lebih dalam aktivitas-aktvitas putra-putrinya dalam lingkungan kampus. Salah satu kemudahan untuk menjalin kerjasama baik dengan universitas adalah dengan disediakannya informasi kontak dosen wali.

Para dosen wali tersebut pada setiap awal dan akhir semester, juga akan memberikan informasi tentang perkembangan belajar mahasiswanya. Tidak hanya itu, My UMM for Parents juga menyediakan menu Keuangan. Orang tua dapat melihat status keuangan mahasiswa di semester awal hingga semester akhir. Menu ini mempermudah orang tua dan mahasiswa dalam merencakan keuangan selama proses belajar.

Selanjutnya, menu KRS, pilihan menu kedua ini memberikan informasi tentang daftar mata kuliah yang akan diambil oleh mahasiswa dalam satu semester.

Setelah merencakan mata kuliah dalam satu semester, mahasiswa akan memperoleh jadwal kuliah yang juga dapat diakses langsung oleh orang tua melalui aplikasi ini.

Tidak hanya jadwal kuliah, orang tua juga dapat memantau kehadiran putra-putrinya melalui menu Presensi yang juga tersedia dalam aplikasi My UMM for Parents. Sementara itu, jika sebelumnya UMM mengirimkan KHS setiap mahasiswa ke masing-masing alamat asal mahasiswa di akhir semester, kini orang tua tidak perlu lagi menunggu bentuk fisik KHS untuk dapat mengetahui hasil belajar putra-putrinya.

Dengan mengakses menu KHS pada My UMM for Parents informasi tentang hasil studi mahasiswa dalam satu semester dapat diakses sewaktu-waktu. Bahkan, aplikasi ini juga menyediakan akumulasi nilai sementara mahasiswa UMM dalam aplikasi Transkrip.

Sebagai kampus yang unggul dalam bidang pengabdian, di semester tujuh mahasiswa UMM diwajibkan memrogram mata kuliah KKN. Orang tua pun juga dapat mengakses informasi tentang wilayah dan jadwal putra-putrinya saat melaksakan kegiatan KKN.

Selesai menjalankan pengabdian masyarakat melalui kegiatan KKN, mahasiswa pun harus kembali dan segera menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi. Aplikasi ini juga dapat membantu orang tua dalam memantau perkembangan tugas akhir mahasiswa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement