Kamis 06 Apr 2017 13:24 WIB

Tiga Calon Rektor UGM Lolos ke Tahap Selanjutnya

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Yudha Manggala P Putra
UGM
Foto: ugm.ac.id
UGM

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Tiga calon rektor UGM dinyatakan lolos Seleksi di tingkat Senat Akademik (SA), Rabu (5/4). Ketiga calon rektor yang dinyatakan lolos adalah Panut Mulyono, Ali Agus, dan Erwan Agus Purwanto.

Sementara Dwikorita Karnawati yang kembali mengajukan diri sebagai Rektor UGM dipastikan tidak dapat mengikuti tahap seleksi selanjutnya. Berdasarkan rencana panitia seleksi rektor, ketiga calon rektor ini akan mengikuti proses seleksi di tingkat Majelis Wali Amanat (MWA) pada Senin (17/4) pekan depan.

Ketua Senat Akademik UGM, Hardyanto Soebono mengatakan, nama ketiga calon rektor yang lolos seleksi di SA sudah diajukan ke MWA untuk segera dipilih. “Suratnya sudah saya tandatangani kemarin sore,” kata Hardyanto, Kamis (6/4).

Ia mengemukakan, proses seleksi di tingkat SA berjalan dengan langcar. Menurutnya, anggota Senat Akdemik sempat kesulitan dalam memilih Calon Rektor terbaik. Karena delapan calon rektor menyampaikan program kerja dengan baik. “Mereka para calon rektor menguasai semuanya. Namun memang yang mendapat poin paling tinggi adalah yang dinyatakan lolos seleksi,” ujar Hardyanto.

Sedikit berbeda dengan pemilihan Rektor sebelumnya yang menggunakan mekanisme one man one vote, dalam proses seleksi Rektor UGM di tingkat SA, anggota SA memberikan penilaian terhadap lima kriteria lewat kertas yang sudah disediakan oleh panitia. Kriteria yang dinilai di antaranya kemampuan kepemimpinan, integritas, penguasan nilai-nilai ke-UGM-an, serta program pengembangan.

Sebelum proses penilaian, sebanyak delapan bakal calon rektor menyampiakan program kerja mereka selama 10 menit. Lalu diikuti sesi tanya jawab selama 15 menit di hadapan tim panelis yang terdiri Mantan rektor UGM, Dewan Guru Besar (DGB) UGM, dan senat akademik.

Usai delapan balon Rektor menyampaikan presentasi dan tanya jawab, para anggota Senat Akademik memberikan penilaian. Kemudian nilai yang diberikan oleh 114 Anggota SA diakumulasikan untuk mendapatkan tiga orang calon rektor yang mendapatkan skor paling tinggi.

Setelah dilakukan penjumlahan, terdapat tiga orang calon Rektor yang mendapat poin tertinggi, yakni Panut Mulyono sebanyak 47.521 poin, Ali Agus 47.451 poin, dan Erwan Agus Purwanto 46.851 poin. Ketiga calon Rektor yang mendapat nilai poin paling tinggi, menurut Hardyanto, semuanya merupakan Dekan yang saat ini masih menjabat.

"Prof Panut adalah Dekan Fakultas Teknik, Prof Ali Agus adalah Dekan Peternakan, dan Dr Erwan adalah Dekan Fisipol," katanya.

Sementara Ketua Panitia Kerja (Panja) Seleksi dan Pemilihan Rektor UGM, Indarto membenarkan bahwa ketiga calon Rektor hasil seleksi SA akan mengikuti proses seleksi di tingkat MWA. Untuk menyukseskan proses pemilihan di tingkat MWA, Panja telah menyiapkan berbagai keperluan logistik seperti surat suara, video presentasi, layar dan siarkan lewat video streaming.

Rencannaya, sebanyak 19 Anggota MWA, kecuali Rektor yang tengah menjabat, akan menggunakan hak suaranya. Dalam pemilihan Rektor UGM , Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) juga memiliki hak suara sebesar 35 persen. “Semoga UGM segera punya Rektor baru,” kata Indarto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement