Ahad 22 Jan 2017 20:08 WIB

Dua Mahasiswa UII Meninggal Saat Ikut Diksar Mapala

Rep: Rizma Riyandi/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah pendaki menikmati matahari terbit di Sendang Drajat kawasan Puncak Gunung Lawu, Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Jumat (19/8).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sejumlah pendaki menikmati matahari terbit di Sendang Drajat kawasan Puncak Gunung Lawu, Perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Jumat (19/8).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Berita duka datang dari kampus Universitas Islam Indonesia (UII). Dua mahasiswa UII meninggal saat menjalani kegiatan The Great Camping (TGC) Mapala di Hutan Pinus Tlogoringo Gunung Lawu, Gondosuli, Tawangmangu, Jumat (20/1). Rektor UII, Harsoyo membernarkan adanya berita duka tersebut.

“Yang pertama atas nama Muhammad Fadhli (20), mahasiswa Teknik Elektro angkatan 2015, wafat Jumat (20/1) dalam perjalanan menuju RSUD Karanganyar. Mahasiswa kedua atas nama Syaits Asyam (19), program studi Teknik Industri angkatan 2015, meninggal dunia Sabtu (21/1) setelah sempat dirawat di RS Bethesda,” katanya, Ahad (22/1).

Harsoyo menuturkan, atas kejadian tersebut seluruh civitas akademika UII turut belasungkawa kepada keluarga besar Almarhum Muhammad Fadhli dan Almarhum Syaits Asyam. Meski demikian, ia mengemukakan, TGC sendiri menurpakan kegiatan rutin Pendidikan Dasar (Diksar) Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mapala yang dilaksanakan setiap tahun.

“Pada tahun ini, sebenarnya ada 37 peserta terdiri dari 34 laki-laki, tiga perempuan, yang dilaksanakan di Gunung Lawu, Lereng Selatan, Tawangmangu,” katanya, Ahad (22/1).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan sepengetahuan pihak universitas, dan dijalankan sesuai prosedur formal yang berlaku di internal UII. Antara lain adanya proposal yang diajukan pada pihak universitas, penanggung jawab dari pihak panitia, susunan panitia dan jadwal acara, surat izin orangtua peserta, serta validasi kesiapan peserta dari sisi kesehatan karena peserta wajib melakukan tes kesehatan dan surat keterangan sehat dari dokter. Di mana sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut, peserta TGC menjalani pemeriksaan medis dulu, yang dilakukan atas kerjasama dengan tim medis UNS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement