Sabtu 18 Jun 2016 13:17 WIB

Hadirkan Professor Asing, PTN Diharapkan Bisa Lebih Maju

Kemenristekdikti
Kemenristekdikti

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Syawal Gultom menyambut baik Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mendatangkan puluhan profesor berbagai negara. Menurutnya, kebijakan tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi negeri (PTN) di Tanah Air.

"Kehadiran dosen asing tersebut harus mampu memberikan kemajuan bagi universitas yang diasuh dosen tamu itu," katanya, Sabtu (18/6).

Ia berharap kebijakan tersebut dalam memberikan dampak untuk kemajuan PTN. Ia juga berharap agar kebijaakn itu bisa diterima oleh civitas akademika.  

"Jadi, kehadiran profesor di sejumlah Universitas harus disambut baik dan didukung sepenuhnya oleh kalangan kampus," ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) menganggarkan dana sebesar Rp250 miliar yang diperuntukkan mengundang sebanyak 40 profesor ternama menjadi dosen tamu di sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air.

"Untuk tahap awal, kami menganggarkan dana sebesar Rp250 miliar yang diperuntukkan mengundang sebanyak 40 profesor menjadi dosen tamu. Jadi nanti, para profesor itu akan mengajar di sejumlah perguruan tinggi," ujar Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemristekdikti, Ali Ghufron Mukti, Kamis (16/6).

Ghufron mengatakan lebih baik mengundang satu profesor asing ternama atau kelas dunia dibandingkan mengirim seorang dosen untuk belajar di luar negeri.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement