Selasa 26 Apr 2016 09:01 WIB

Universitas Brawijaya Juara Perencanaan Jaringan Irigasi Nasional

Universitas Brawijaya
Foto: panoramio.com
Universitas Brawijaya

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Jurusan Teknik Pengairan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FT-UB) Malang mampu menyapu bersih Juara I-III Lomba Perencanaan Jaringan Irigasi 2016 tingkat nasional yang dihelat Himpunan Mahasiswa Sipil Fakultas Teknik Unversitas Muhammadiyah Makassar, 21-23 April 2016.

Dalam kompetisi bertema "Perencanaan Jaringan Irigasi yang Efektif dan Efisien" itu, FT-UB, meraih gelar juara I, II dan III.

"Ada lima proposal yang lolos sebagai finalis di ajang itu. Dari lima proposal sebagai finalis itu, empat diantaranya adalah milik FT-UB dan satu proposal lainnya dari Unmuh Makassar Jurusan Teknik Sipil," kata Ketua Tim UB, Feri Alimudin, Selasa (26/4).

Peraih Juara I itu adalah Tim D'Brantas yang dipresentasikan Radya Gading W, Rizki Adhitya N, dan Ardian Suwindra. Sedangkan Juara II adalah Tim GIP-64 yang dipresentasikan Al Dirga Akbarshadana, Anas Zulfikar Rasyid, dan Rana Karinta Hapsari), serta Juara III adalah Tim Akatsuki-64 dengan anggota tim Muhammad Bagus Hari Santoso, Gigih Suryarawit, dan Yahya Muchaimin Aji.

Lebih lanjut, Feri mengatakan karya Tim D'Brantas mempunyai keunggulan pada metode yang menggunakan kombinasi konsep bangunan siphon dan talang. Ini dikarenakan keadaan topografi daerah studi yang tidak memungkinkan menggunakan satu macam bangunan pembawa saja.

Sedangkan konsep Tim GIP-64 dan Akatsuki-64, katanya, lebih mengedepankan efisiensi penggunaan bangunan pembawa dengan mengefektifkan fungsi dari tiap bangunan, sehingga biaya perencanaan dapat ditekan.

Ia menambahkan karya ini secara praktik dapat diterapkan di lapangan karena pada dasarnya perencanaan yang telah dibuat oleh masing-masing tim mengacu pada kriteria perencanaan yang diterbitkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPU-Pera).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement