Wednesday, 17 Rajab 1444 / 08 February 2023

Dijuluki Universitas Konservasi, Unnes Gelar Sinden Idol

Jumat 12 Dec 2014 06:09 WIB

Red: Indah Wulandari

Universitas Negeri Semarang

Universitas Negeri Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sinden Idol kembali digelar oleh Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan tujuan untuk mempertahankan dan memacu regenerasi pesinden di tengah persaingan global.

"Sinden Idol ini memang dikonsep sebagai kegiatan dua tahunan," kata Sekretaris Panitia Sinden Idol"Suseno, Kamis (11/12) malam.

Menurut dia, kompetisi ini memang digelar untuk meningkatkan pamor pesinden yang selama ini kurang begitu dikenal dibandingkan profesi-profesi seni lainnya, seperti dalang.

Bahkan, kata dia, selama ini pesinden acapkali dianggap sebagai pelengkap dalam pergelaran kesenian, padahal peran sinden begitu penting dan tidak semua orang bisa menjadi pesinden yang andal.

"Sekarang ini kan anak-anak muda kurang tertarik belajar sinden. Makanya, kami ingin memacu semangat belajar sinden. Tidak gampang jadi pesinden, harus menguasai cengkok suara, dan sebagainya," katanya.

Ia menyebutkan, peserta Iinden Idol semula berjumlah sekitar 50 orang, namun setelah tersaring dalam beberapa tahapan tinggal menyisakan 10 peserta yang terbagi dua kategori, yakni remaja dan dewasa.

Para peserta kompetisi sinden itu berasal dari berbagai kalangan, mulai kalangan pelajar, mahasiswa, hingga umum dan dari berbagai daerah di Jawa Tengah karena pembagian kategori didasarkan rentang usia.

Pembantu Rektor II Unnes Wahyono mendukung penuh kegiatan hasil kerja sama antara Pemerintah Provinsi Jateng dengan kampus berjuluk Universitas Konservasi itu sebagai bentuk pelestarian budaya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA