Ahad 09 Nov 2014 16:19 WIB

UTY Optimistis Bisa Wujudkan Unversitas Riset (1)

Rep: heri purwata/ Red: Damanhuri Zuhri
Universitas Teknologi Yogyakarta
Foto: uty.co
Universitas Teknologi Yogyakarta

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) merasa optimis bisa mewujudkan universitas riset. Menyusul usainya pimpinan dan dosen UTY berkunjung ke Research Triangle Park (RTP) di Amerika Serikat.

Demikian diungkapkan Prof Widi Agus Pratikto, Ketua Dewan Penyantun UTY kepada Republika, di Yogyakarta, Sabtu (8/11). Prof Widi, bersama Widi Fajar Widyatmoko, Arief Hermawan, Mustaqim Pabbajah, Dodi Hariadi, menuju ke North Carolina.

Mereka mengunjungi tiga universitas terkenal yakni North Carolina State University (NCSU), Duke University, dan University of North Carolina, serta mengunjungi Research Triangle Park (RTP).

Sedang rombongan lain yang terdiri Tri Gunarsih, Endy Marlina, Junaidi, menuju ke University of Illinois. Di universitas ini, delegasi UTY melihat langsung proses pendidikan, riset dan kegiatan lain secara lengkap.

Selain itu dibicarakan secara detail LOI (Letter Of Intens) tentang joint research, publikasi ilmiah, simposium tentang auditing, finance, accounting dan capital market.

Juga dirancang guest lecturers dan sandwich program bagi dosen UTY yang sedang S3 serta post doctoral program bagi dosen UTY yang sudah S3. Selanjutnya, mereka bergabung dengan pimpinan UTY dan dosen lain di RTP.

Di kawasan Research Triangle Park (RTP), delegasi UTY diterima langsung Anna Penner, Senior Director Business Development and Research RTP.

"Riset-riset di RTP sangat aplikatif dan membumi yang menimbulkan kesan riset itu mudah," kata Widi yang juga alumni North Carolina State University (NCSU).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement