Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Ada 6.000 Mahasiswa Malaysia Berkuliah di Indonesia

Senin 25 Feb 2013 23:17 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

ROL to Campus di Universitas Pancasila. Ilustrasi.

ROL to Campus di Universitas Pancasila. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Malaysia Education Promotion Centre (MEPC) menyebutkan setidaknya ada 6.000 mahasiswa Malaysia yang saat ini berkuliah di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

"Kebanyakan mereka mengambil jurusan kedokteran di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia," kata Direktur MEPC Yahurin Mohd Yassin saat promosi perguruan tinggi Malaysia di SMA Negeri 1 Semarang, Senin (25/2).

Ia mengakui bahwa cukup banyaknya mahasiswa Malaysia yang berkuliah di Indonesia itu dikarenakan biaya kuliah yang dibutuhkan relatif terjangkau, tetapi memiliki mutu dan kualitas yang berstandar internasional.

Meski demikian, Yahurin mengatakan saat ini banyak pula mahasiswa asal Indonesia yang menempuh studi di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Malaysia dengan biaya yang relatif terjangkau.

"Kami mencatat saat ini setidaknya ada sekitar 14.000 mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di Malaysia. Kalau setiap tahunnya, rata-rata ada sekitar 2.000--3.000 mahasiswa Indonesia yang ke Malaysia," katanya.

Pada tahun ini, dia berharap jumlah mahasiswa asal Indonesia yang berkuliah di Malaysia setidaknya mengalami peningkatan 30 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dengan melakukan berbagai langkah promosi.

"Semua kan tergantung pilihan. Mau berkuliah di Malaysia atau Indonesia, perguruan tinggi di Indonesia juga kualitasnya bagus. Buktinya, 6.000 mahasiswa kami berkuliah di sini (Indonesia, red.)," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA