Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Rabu, 24 Safar 1441 / 23 Oktober 2019

Fikom Moestopo akan Gelar Fikom Festival 2018

Senin 17 Des 2018 09:23 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Ilustrasi Film Anak

Ilustrasi Film Anak

Foto: Foto : MgRol_92
Monty Tiwa dan sejumlah praktisi broadcast, iklan dan humas akan berbagi pengalaman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama (UPDMB) akan menggelar Fikom Festival atau disingkat Fikom Fest 2018. Perhelatan akbar yang bertepatan dengan lustrum atau ulang tahun Fikom ini akan berlangsung dengan serentetan acara pada tanggal 20 dan 21 Desember 2018 di Kampus I Moestopo Jalan Hang Lekir, Senayan Jakarta Pusat.

Ketua panitia Fikom Fest 2018, Adhy Tristanto mengatakan, acara yang menjadi ikon acara Fikom Moestopo ini ada dua tujuan. Pertama, ke dalam atau internal, acara ditujukan kepada civitas academica Fikom, khususnya mahasiswa baru yang belum menentukan jurusan. 

Nantinya para mahasiswa akan terlibat aktif juga bisa menyaksikan sendiri karya masing masing jurusan Humas, jurnalistik dan Iklan. Sehingga mereka dapat memilih jurusan yang akan dituju.

Kedua, ditujukan untuk eksternal atau pihak luar terutama sebagai media promosi Fikom Moestopo kepada publik. 

“Kita akan mengundang siswa SMA dan SMK sebagai calon mahasiswa untuk bisa terlibat sekaligus memperkenalkan Fikom kepada mereka,” ujar Adhy, dosen sekaligus praktisi iklan nasional.

Keterlibatan para siswa tersebut akan didampingi oleh para guru khususnya guru Bimbingan dan konseling atau BK. Fikom Fest 2018 ini merupakan kombinasi dari acara edukasi dan hiburan. 

Beragam mata acara yang digelar antara lain workshop, talkshow, lomba, pameran dan bazar. Acara workshop dan talkshow akan menghadirkan public figur dan praktisi komunikasi yang berkompetensi di bidang humas, jurnalistik dan iklan. 

Sementara siswa SMA dan SMK akan dilibatkan dalam perlombaan debating untuk konsentrasi humas, pembuatan videographis untuk jurnalistik dan cutting sticker untuk iklan.

Prakstisi yang akan hadir antara lain Film maker Monty Tiwa, Penulis naskah drama Boim Lebon, Broadcaster Untung Pranoto, Produser presenter Opa Dahsyat dan Briptu Avvy Olivia.

Dekan Fikom, rasetya Yoga Santoso mengatakan, Fikom Fest 2018 yang merupakan kelanjutan dari Fikom week di tahun-tahun sebelumnya, namun pada kali ini melibatkan unsur eksternal. Hal itu sengaja dilakukan agar siswa SMA dan SMK bisa kenal dengan aktivitas dan karya di Fikom Moestopo. 

“Kita akan melibatkan siswa PKL juga siswa SMK yang sudah MoU dengan Fikom,” ujar Yoga.

Dalam acara Fikom Fest 2018, kata Yoga, tidak menutup kemungkinan dilaksanakannya acara syukuran setelah Fikom mendapat Akreditas A dan mengundang para alumni Fikom Moestopo yang tersebar di berbagai lini. 

“Kami akan menjadikan perhelatan Fikom Fest ini untuk bisa merangkum serangkaian acara penting,” kata Yoga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA