Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Saturday, 16 Rajab 1440 / 23 March 2019

Kagama Bangun Aplikasi Kagamapay

Ahad 16 Dec 2018 09:44 WIB

Red: Agung Sasongko

Pelantikan Pengurus Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Pengda Kagama DIY, Pengcab Kagama Sleman dan Pengcab Kagama Kulonprogo, Jum'at (19/1) Ditandai dengan penyerahan bendera Pataka Kagama oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama  Ganjar Pranowo kepada Ketua Pengda Kagama DIY Gatot Saptadi.

Pelantikan Pengurus Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Pengda Kagama DIY, Pengcab Kagama Sleman dan Pengcab Kagama Kulonprogo, Jum'at (19/1) Ditandai dengan penyerahan bendera Pataka Kagama oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Kagama Ganjar Pranowo kepada Ketua Pengda Kagama DIY Gatot Saptadi.

Foto: Republika/Neni Ridarineni
aplikasi ini digunakan untuk membangun jaringan sesama alumni.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) untuk membangun aplikasi komunitas khusus anggota Kagama. Aplikasi itu bernama KAGAMAPay.

Sekretaris Jenderal  PP Kagama, Ari Dwipayana,  dalam kesempatan tersebut mengatakan, Kagama telah  melakukan banyak terobosan untuk memfasilitasi dan men-generate manfaat bagi para  alumni UGM, Anggota Kagama.

“Di Rakernas kali ini kita me-launch aplikasi KagamaPay, suatu aplikasi e-Wallet (dompet elektronik) berbasis android dan IOS untuk mendukung kebutuhan e-commerce Alumni seperti beli pulsa/paket data, bayar listrik, PDAM, bayar iuran BPJS,” kata dia.

Di samping itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membangun jaringan sesama alumni melalui fitur Kekancan, berdonasi sosial melalui fitur Donasi, dan update berita/kegiatan Kagama melalui fitur News dan Event,

"Ke depan kita kembangkan terus aplikasi ini untuk mendukung transaksi bisnis dan kegiatan sosial yang dilakukan alumni UGM,” kata Ari Dwipayana.

Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan, penandatanganan kesepakatan kerjasama ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan solusi layanan keuangan kepada anggota Kagama. Kerjasama tersebut juga merupakan bentuk nyata dukungan BNI bersama Kagama. dalam memberikan solusi  layanan keuangan secara komprehensif kepada anggota  Kagama.

Adapun bentuk solusi layanan keuangan pada tahap awal dilakukan dengan menerbitkan uang elektronik Co Branding,  fitur pembayaran tagihan serta pembelian melalui aplikasi KAGAMAPAY. Untuk layanan pembayaran tagihan dan pembelian, Kagama menggandeng BNI untuk memanfaatkan service fitur BNI (Sharing biller).

Adapun untuk uang elektronik KAGAMAPAY menggunakan fasilitas Co branding  Uang Elektronik yang dikembangkan oleh BNI.    

Dengan kerjasama ini, pengguna KAGAMAPAY dapat melakukan Pembayaran tagihan telepon dan telepon genggam pasca bayar, PLN, PDAM, BPJS Kesehatan, transfer antara uang elekronik, serta Pembelian Pulsa telepon genggam. 

Aplikasi KAGAMAPAY dapat diunduh di play store dan apps store oleh seluruh anggota KAGAMA. Aplikasi ini masih akan terus dikembangkan untuk mendukung solusi keuangan lainnya seperti e-commerce untuk mendukung transaksi bisnis yg dilakukan para alumni UGM di seluruh Indonesia.  

Saat ini total anggota KAGAMA 400 ribu lebih. Anggota yang aktif menggunakan media sosial mencapai lebih dari 100.000 orang, baik yang berdomisili di dalam negeri maupun luar negeri.

Selain memberikan solusi layanan keuangan, Aplikasi KAGAMAPAY juga dapat memberikan informasi antar komunitas, news,  serta fitur donasi untuk bencana alam maupun beasiswa Kagama.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA