Senin 08 Oct 2018 19:09 WIB

Kemenag Kini Miliki Bank Data Riset Keagamaan

Bank data bisa diakses tidak terbatas di Indonesia saja.

Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin
Foto: RepublikaTV/Havid Al Vizki
Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Kementerian Agama menyediakan layanan Ministry of Religious Affair Bank of Article (Morabase) dan Ministry of Religious Affair References (Moraref) bagi warga yang ingin mengakses artikel dan referensi terkait riset keagamaan.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap kedua aplikasi bisa mendukung pengembangan penelitian bidang keagamaan. Aplikasi tersebut diluncurkan bersamaan dengan pembukaan The 3rd International Conference on University-Community Engagement 2018 (ICON UCE) di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Kota Malang pada Senin (8/10)

"Ini harus terus dinamis, tidak boleh statis. Ini tidak sebatas hal-hal yang dilakukan oleh civitas akademika di Indonesia saja, tetapi harus dibuka secara internasional," kata Lukman saat menyampaikan sambutan di ICON UCE.

Morabase dan Moraref memberikan akses kepada siapa pun yang ingin mendapatkan informasi mengenai hasil-hasil penelitian dan kajian yang sudah dipublikasikan. Inovasi layanan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama itu mencakup penyediaan layanan mengakses hasil riset yang sudah dipublikasikan.

Kedua sistem tersebut juga diharapkan dapat mendukung peningkatan kompetensi dosen dan akreditasi perguruan tinggi keagamaan Islam. Morabase merupakan aplikasi yang bisa mempertemukan dosen, peneliti, dan penulis yang ingin mengirim tulisan dan hasil riset ke jurnal.

Sementara Moraref merupakan portal akademik yang dikelola oleh Asosiasi Pengelola Jurnal, penerbit universitas, dan lembaga penelitian di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement