Kamis 27 Sep 2018 13:21 WIB

Ini Transformasi ITB dari Basis Riset Menuju Kewirausahaan

Revolusi Industri 4.0 mengharuskan lulusan berjiwa wirausaha serta melek teknologi.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Dwi Murdaningsih
Gerbang Kampus ITB/ilustrasi
Gerbang Kampus ITB/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Universitas Negeri Padang (UNP) di Sumatra Barat mendatangkan Rektor ITB  Kadarsah Suryadi, untuk mempelajari tata kelola kampus dalam menghadapi revolusi industri 4.0, Rabu (26/9). Kadarsah membagikan pengalamannya dalam mentransfomasikan ITB dari kampus berbasis riset menjadi kampus berbasis kewirausahaan.

UNP dana ITB sama-sama menyadari perlunya menyiapkan lulusan yang tak hanya siap masuk ke industri, namun juga menciptakan industri itu sendiri.

"Dengan berbagi pengalaman ini diharapkan menggugah pimpinan civitas akademika UNP untuk berbenah diri menghadapi Revolusi Industri 4.0 di sektor Perguruan Tinggi," ujar Rektor UNP, Ganefri, Rabu (26/9).

Kadarsah yang meraih penghargaan Acedemic Leader Award 2018 ini mengungkapkan  research university muncul pada awal 1800-an. Saat itu, seluruh kampus besar di dunia melakukan penelitian secara masif selain fungsi pengajaran.

Peneliti ITB Kembangkan Robot Kecoa untuk Operasi Intelijen

Kendati demikian, hasil risetnya hanya untuk kepentingan dunia pendidikan tanpa menyiapkan lulusan untuk kebutuhan industri. Ia mengatakan sejak awal 90-an, ITB mulai beranjak menyiapkan kampus berbasis kewirausahaan dengan mengembangkan pusat riset kimia, farmasi, elektronika, dan mesin yang diterima di dunia industri.

ITB juga fokus dengan peningkatan kualitas lulusan yang dibekali dengan pemahaman informasi dan teknologi, agar tak kaget saat masuk di industri yang serba digital.

"Untuk itu, pimpinan UNP mesti juga melakukan lompatan untuk memikirkan lulusan yang relevan dengan kebutuhan dunia dan industri. Secara formal, pada 2015 lalu saya membuat sistem untuk mengarah ke sana," ujar Kadarsah.

Menurutnya, tantangan UNP dan seluruh kampus di Indonesia saat ini adalah menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang mengharuskan lulusan berjiwa wirausaha serta melek teknologi. Arus digitalisasi yang kencang mengharuskan lulusan perguruan tinggi tak lagi asing terhadap industri yang serba otomatis. Namun, lanjutnya, pengembangan kampus tetap tak boleh meninggalkan budaya riset akademik dan riset yang bermanfaat bagi dunia industri dan masyarakat.

"Jika inovasi riset yang langsung diterapkan di dunia nyata dapat dilakukan UNP dan dalam pelaksanaannya ditetapkan secara formal agar terukur, terstruktur dan terkontrol, maka lompatan UNP akan lebih baik lagi" kata Kadarsah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement