Selasa, 4 Rabiul Akhir 1440 / 11 Desember 2018

Selasa, 4 Rabiul Akhir 1440 / 11 Desember 2018

UNY Wacanakan Pendirian Kampus di Gunungkidul

Rabu 19 Sep 2018 08:52 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani

Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

Kampus Universitas Negeri Yogyakarta

Gunungkidul diberikan perhatian khusus, salah satunya lewat beasiswa bidikmisi.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melakukan audiensi ke Pemkab Gunungkidul. Audiensi dilaksanakan dalam rangka memaparkan program kerja UNY ke depan, termasuk pembangunan kampus di Kabupaten Gunungkidul.

Audiensi dihadiri langsung Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, dan diterima langsung Bupati Gunungkidul, Badingah. Turut serta Dekan-Dekan dan Ketua-Ketua Lembaga yang ada di lingkup UNY.

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa mengatakan, UNY merasa berkeinginan menjalin kerja sama ke semua kabupaten/kota yang ada. Ia menekankan, Kabupaten Gunungkidul diberikan perhatian khusus, salah satunya lewat beasiswa bidikmisi.

"Bagi siswa miskin untuk mengangkat potensi mereka karena dari data yang ada, Gunungkidul menempati posisi terendah dalam jumlah mahasiswa yang melanjutkan studi di UNY dibanding kabupaten lain di DIY," kata Sutrisna.

Ia turut mengungkapkan rencana UNY membuka program vokasi pendidikan dalam domisili. Sehingga, calon-calon mahasiswa dari Kabupaten Gunungkiudl dapat kuliah di Kecamatan Wonosari.

"Harapannya, dinas pendidikan bisa memberi motivasi pada generasi muda untuk melanjutkan kuliah," ujar Sutrisna.

Bupati Gunungkidul, Badingah, menyambut baik kerja sama yang ditawarkan UNY tersebut. Karenanya, ia berharap agar UNY bisa membuka sekolah vokasi yang ada di Kabupaten Gunungkidul untuk menyejahterakan masyarakat.

Belum lagi, masih banyak siswa-siswa putus sekolah di sini karena masalah biaya. Untuk itu, ia berharap, melalui kesempatan yang diberikan UNY, siswa-siswa itu mampu mengembangkan potensi yang ada tanpa pusing memikirkan biaya.

"Gunungkidul memiliki modal sosial yang luar biasa, namun perlu peningkatan dari sisi modal sumber daya manusia," kata Badingah.

Badingah turut merasa senang saat ditawarkan kerja sama antara Pemkab, UNY dan BLPT dalam mengelola Baron Technopark. Ia berharap, ke depan dapat jadi wisata baru di Kabupaten Gunungkidul yaitu wisata pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rosyid, mengapresiasi UNY dalam mewacanakan pendirian kampus di sana. Ia berharap, kehadiran UNY yang mendirikan kampus di sana ada aspek-aspek lain yang meningkat.

"Berharap dengan adanya kampus ini selain dengan adanya sekolah vokasi bidang boga, pariwisata dan busana juga dapat meningkatkan kompetensi guru," ujar Bahron.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES