Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

Tuesday, 12 Rabiul Awwal 1440 / 20 November 2018

50 Pelajar Sumsel Kuliah Gratis di Politeknik TEDC Bandung

Rabu 29 Aug 2018 12:33 WIB

Rep: Maspril Aries/ Red: Agus Yulianto

Gubernur Sumsel Alex Noerdin melakukan sosialisasi kepada pelajar SMA (Ilustrasi).

Gubernur Sumsel Alex Noerdin melakukan sosialisasi kepada pelajar SMA (Ilustrasi).

Foto: Republika/Maa
Peserta PKG itu harus menyelesaikan studinya sesuai dengan target empat tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) kembali melaksanakan program kuliah gratis (PKG) bagi pelajar lulusan SMA dan SMK di daerah ini. Para peserta PKG pada 2018/2019 akan menjalani pendidikan di Politeknik TEDC Bandung.

“Pada tahun ini ada 50 peserta program kuliah gratis yang akan menjalani pendidikan selama empat tahun atau delapan semester di Politeknik TEDC Bandung. Mereka adalah pelajar lulusan SMA dan SMK di Sumsel,” kata Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Bonny Syafrian, Rabu (29/8).

Bonny menjelaskan, 50 orang peserta PKG dari Pemprov Sumsel tersebut akan menjalani pendidikan pada tiga pogram studi (prodi) yaitu Teknik Otomasi, Mekani Industri dan Desan, serta Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. “Mereka berangkat hari ini menuju Bandung,” ujarnya.

Kepada para calon mahasiswa peserta PKG Bonny Syafrian mengingatkan agar belajar dengan baik.  Bonny mengharapkan semua penerima PKG tidak membuang waktu dalam menjalani pendidikan, manfaatkan waktu dengan baik,

"Peserta PKG harus menyelesaikan studinya sesuai dengan target empat tahun atau delapam semester, kalau mereka tidak lulus dalam delapan semester, mereka harus membayar sendiri. Juga kalau Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK di bawah 3,0 mereka akan dipulangkan," katanya.

Selain menjalani pendidikan di Politkenik TEDC, menurut Bonny, para peserta PKG tersebut juga direkomendasikan untuk magang selama satu tahun di perusahaan yang ada di Malaysia. Selain itu, sebagai peserta PKG setiap pelajar Sumsel yang kuliah di Politeknik PTEDC Bandung akan mendapatkan uang saku dari Pemprov Sumsel sebesar Rp 750 ribu bulan selama kuliah. “Uang saku akan dibayar setiap enam bulan. Uang SPP Pemprov Sumsel akan membayar langsung ke Politeknik TEDC,” kata Bonny.

Melalui PKG saat ini jumlah siswa Sumsel yang masih aktif menempuh pendidikan dengan beasiswa dari Pemprov Sumsel sebanyak 1.587 orang  yang menjalani pendidikan di Indonesia dan di luar negeri. “Tahun ini siswa penerima PKG meningkat dari dua tahun sebelumnya. Tahun 2016-2017 peneriman PKG hanya 12 orang,” ujarnya.  

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Persija Menang 3-0 Atas Persela

Selasa , 20 Nov 2018, 20:53 WIB