Kamis 16 Aug 2018 12:54 WIB

Amikom Jaga Tradisi Juara di Top Coder Open

Top Coder Open merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan Top Coder.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda
Afif Bimantara, peraih juara satu kompetisi utama kategori UI Design  Top Coder Open (TCO) 2018.  Alumni Universitas Amikom Yogyakarta itu akan mewakili Indonesia di final TCO 2018 di Dallas.
Foto: Amikom
Afif Bimantara, peraih juara satu kompetisi utama kategori UI Design Top Coder Open (TCO) 2018. Alumni Universitas Amikom Yogyakarta itu akan mewakili Indonesia di final TCO 2018 di Dallas.

REPUBLIKA.CO.ID SLEMAN -- Afif Bimantara, alumni Universitas Amikom Yogyakarta, menjadi juara satu kompetisi utama Top Coder Open (TCO) 2018 regional Indonesia. Afif menjuarai kategori UI Design.

Afif dipilih sebagai perwakilan Indonesia dalam babak final TCO 2018 di Dallas, Amerika Serikat. Top Coder Open merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan Top Coder.

Itu merupakan situs komunikasi terkemuka di bidang desaing grafis, pengembangan aplikasi dan pengolahan data. Untuk regional Indonesia. TCO 2018 diselenggarakan di Yogyakarta.

TCO 2018 regional Indonesia diikuti total 252 peserta, dengan lima tantangan dan total hadiah 3.000 dolar Amerika Serikat. Top Coder Open terbagi dalam dua tahapan kompetisi.

Ada tingkat regional dan babak final di Amerika Serikat. Raihan Afif menjadi tradisi lanjutan, usai pada gelaran sebelumnya, alumni Amikom lain, Kharisma Cendhika Putra, sukses menjadi runner up di TCO 2016.

Kharisma merupakan alumni angkatan 2007 Amikom, yang jadi juara dua untuk kategori design finals yang digelar di Washington DC. Sedangkan, pada TCO 2017, giliran Zazulya Aziz yang mempertahankan tradisi.

Zazulya merupakan mahasiswa S1 Teknik Informatika, yang berhasil masuk dua besar Indonesia. Saat itu, Zazulya turut mewakili Indonesia dalam TCO 2016, untuk design finals di New York.

TCO 2018 berlangsung selama dua hari pada 11-12 Agustus 2018 di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Kompetisi terbagi menjadi satu kompetisi utama, TCO Design Challenge dan tiga lomba tambahan.

photo
Top Coder Open 2018 di Hotel Royal Ambarrukmo, Yogyakarta.

Ada Rapid UX Challenge, Trendsetter Challenge dan Pixel Pusher Challenge. Semakin istimewa, lantaran Afif Bimantara turut meraih juara tiga pada Rapid UX Xhalengge 3 (RUX-3).

"Untuk kompetisi utama, Afif Bimantara dan Khusnun Irawan berhasil meraih nilai tertinggi dan terpilih untuk mewakili Indonesia dalam kompetisi utama TCO 2018 yakini Design Challenge di Dallas," kata Kepala Humas Universitas Amikom Yogyakarta, Eric Hadi Saputra, kepada Republika.co.id, Rabu (15/8) lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement