Jumat 20 Jul 2018 16:14 WIB

Kelompok PKM UMY Kembangkan Robot Pengukur Jalan

Robot pengukur jalan ini dinamai Sadewa (Street Detector Walking Meter).

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Yudha Manggala P Putra
Kelompok PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa - Karsa Cipta) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menciptakan robot SADEWA (Street Detector Walking Meter). Robot ini dapat berperan dalam pengukuran jalan secara lebih cepat, efisien.
Foto: dok. UMY
Kelompok PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa - Karsa Cipta) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menciptakan robot SADEWA (Street Detector Walking Meter). Robot ini dapat berperan dalam pengukuran jalan secara lebih cepat, efisien.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL—Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, berdasar data dari Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (DKN RI), jumlah pulau yang dimiliki Indonesia tercatat 17.504 pulau. Luas wilayah yang besar tersebut berarti diperlukan pembangunan jalan dan infrastruktur di Indonesia yang memadai agar transportasi yang menghubungkan wilayah-wilayah Indonesia bisa bekerja secara optimal.

Namun dalam pelaksanaannya pembangunan sarana tersebut masih seringkali terkendala, salah satu faktornya adalah pengukuran topografi tanah pada wilayah yang akan dibangun jalan raya. Untuk memberikan solusi atas permasalahan ini salah satu kelompok PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa - Karsa Cipta) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mencoba turut berkontribusi dengan mengembangkan robot Sadewa (Street Detector Walking Meter).

Mahasiswa Teknik Elektro 2014 UMY, Amir Malik Hizbullah mengatakan, sampai saat ini umumnya pengukuran topografi tanah masih dilakukan secara manual. "Pengukuran topografi tanah oleh surveyor membutuhkan waktu yang lama dikarenakan penggunaan alat ukur walking distance meter atau pita ukur yang masih manual. Oleh karena itu diperlukan sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur secara otomatis dan terintegrasi dengan komputer," ujar Amir, Jumat (20/7).

Ia juga menyebutkan Sadewa dapat menjadi solusi yang tepat dan efisien dalam proses yang diperlukan untuk membangun jalan di wilayah Indonesia. Robot ini memiliki sensor encoder untuk pengukuran dan sistem monitoring data yang terukur pada LCD display, smartphone android, dan komputer.

Sistem monitoring data juga terkoneksi dengan internet sehingga dapat memantau secara real time. Robot ini juga dilengkapi dengan antena pemancar sebagai ground station, telemetri sebagai pengirim dan penerima data, dan remote control sebagai kendali robot.

Kelompok PKM-KC Sadewa berharap robot ini dapat berguna untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia, terutama untuk wilayah yang belum memadai kelengkapan infrastrukturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement