Kamis 12 Jul 2018 11:33 WIB

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Moestopo Akreditasi A

Saat ini terdapat hanya tujuh fakultas kedokteran gigi yang berakreditasi A.

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Moestopo.
Foto: Wikipedia
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Moestopo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) di Jakarta berhasil meraih akreditasi A atau unggul. "Jangan terlalu bangga dengan pencapaian ini, tetaplah bekerja dengan hati, tegakkan ibadah, layani masyarakat dengan tulus," ujar Rektor Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), Rudy Harjanto, Kamis (12/7).

Dia berupaya untuk terus konsisten dengan semboyan 'Unita Pro Cedunt', yang bermakna bersama meraih sukses. Dia menjelaskan upaya memperoleh akreditasi unggul tersebut, berawal dari didirikannya Fakultas Kedokteran Gigi di bawah naungan Yayasan Universitas Profesor Doktor Moestopo pada 15 Februari 1962.

Dekan FKG Budiharto menjelaskan, persiapan akreditasi dilakukan yayasan, rektorat, dosen, karyawan, dan alumni. "Pencapaian akreditasi A FKG ini kita harapkan menjadi landasan usaha bersama civitas akademika untuk meningkatkan kualitas layanan masyarakat di bidang pendidikan," ujarnya.

Untuk akreditasi tersebut, Universitas Moestopo menyiapkan fasiltas rumah sakit gigi dan mulut, 128 dental unit, empat guru besar, 70 dosen, dan 21 ruang kuliah. Akreditasi A dengan nilai 368 berhasil diraih Program Studi Sarjana Kedokteran Gigi dan Akreditasi A dengan nilai 369 diraih oleh Program Studi Profesi Dokter Gigi, Pendidikan Spesialisasi yang diselenggarakan adalah Bedah Mulut, Konservasi, Penyakit Mulut, Radiologi, Orthodonsi, Prostodonsia, Kedokteran Gigi Anak, dan Periodonsia.

FKG Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) berupaya konsisten melanjutkan perjuangan Mayor Jenderal TNI Prof Dr Moestopo, antara lain dengan berpartisipasi dalam kegiatan 'Jelajah Nusantara', dengan tujuan menyentuh kesadaran masyarakat untuk memelihara kesehatan, sebagai kontribusi bagi prasyarat peningkatan potensi sumber daya.

Saat ini terdapat hanya tujuh fakultas kedokteran gigi yang berakreditasi A, yakni FKG Universitas Indonesia Jakarta (didirikan 1954), FKG Universitas Airlangga Surabaya (didirikan 1928), FKG Universitas Padjadjaran Bandung (didirikan 1959), FKG Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (didirikan 1948), FKG Universitas Hasanuddin Makassar (didirikan 1969), FKG Universitas Trisakti Jakarta (didirikan 1965), dan FKG Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Jakarta (didirikan 1962).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement