Minggu, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Minggu, 10 Rabiul Awwal 1440 / 18 November 2018

Menristekdikti Dorong Riset di Bidang Kesehatan Hewan

Kamis 12 Jul 2018 09:24 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani

Logo Unair

Logo Unair

Baru sedikit perguruan tinggi yang memiliki Rumah Sakit Hewan Pendidikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meresmikan Gedung Baru Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Universitas Airlangga, Surabaya, Rabu (11/7). Dia berharap dengan diresmikannya RSHP tersebut, riset dan publikasi ilmiah di bidang kesehatan hewan akan semakin meningkat.

"Kesehatan hewan semakin penting di tengah masyarakat, terutama kesehatan hewan peliharaan dan hewan yang dikonsumsi manusia, karena tidak sedikit penyakit dari hewan dapat menular kepada manusia," kata Nasir melalui siaran pers, Rabu (11/7).

Dia menambahkan, lulusan pendidikan kedokteran hewan memegang peranan penting menjaga masyarakat agar tidak mengkonsumsi hewan yang memiliki penyakit, seperti penyakit mulut dan kuku. Karenanya, Nasir berpesan agar lulusan pendidikan kedokteran hewan dari Unair agar mampu mempersiapkan diri dan beradaptasi dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0.

Selain itu, Nasir berpesan adanya inovasi di bidang pelayanan publik di Rumah Sakit Hewan Pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Selamat kepada Unair yang telah memiliki Rumah Sakit Hewan Pendidikan, di Indonesia baru sedikit perguruan tinggi yang memiliki Rumah Sakit Hewan Pendidikan. Semoga dapat berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan kedokteran hewan di Unair," jelas Nasir.

Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih mengatakan di perguruan tinggi yang memiliki banyak program studi kesehatan seperti Unair, maka technopark-nya adalah di bidang kesehatan. Dia menjelaskan, RSHP ini merupakan laboratorium yang bertujuan untuk mendukung proses pendidikan dan penelitian di program studi kedokteran hewan.

"Kualitas harus nomer satu, kehadiran RSHP ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan kesehatan hewan, juga meningkatkan penelitian di bidang kesehatan hewan," ungkap Nasih.

Dia menerangkan, RSHP Universitas Airlangga, memiliki berbagai macam fasilitas untuk mendukung tugas dan fungsinya. Antara lain Unit Bedah dan Radiologi, Unit Acupressure, Unit Stem Cell, unit Konsultasi Pakan dan kesehatan, Unit Laboratorium, Unit Hematologi, Unit Farmasi Klinis, Unit Rawat Inap dan Titip Sehat, Unit Kolam Renang dan Hidro Teraphy, Unit Pelayanan datang ke rumah (House Calling) dan juga dilengkapi beragam pendukung diagnosis modern, seperti USG, serta Rontgen.

Berbagai Pelayanan juga disediakan Rumah Sakit Hewan Pendidikan Universitas Airlangga yaitu Konsultasi kesehatan hewan, pemeriksaan untuk hewan sakit, pelayanan vaksinasi, pelayanan bedah minor dan mayor, radiologi, pemeriksaan darah serta grooming (mandi sehat).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES