Jumat, 10 Safar 1440 / 19 Oktober 2018

Jumat, 10 Safar 1440 / 19 Oktober 2018

Universitas Muhammadiyah Purwokerto Peringati Milad ke-53

Senin 11 Jun 2018 18:09 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Foto: wordpress.com
Berbagai prestasi telah ditorehkan mahasiswa UMP.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Jawa Tengah, bertekad untuk terus meningkatkan kualitas pendidikannya. Hal itu disampaikan Rektor UMP Dr Syamsuhadi Irsyad, dalam upacara senat terbuka dalam rangka peringatan Milad ke 53 UMP, di Ruang AK Anshori.

Rektor menyebutkan, jumlah mahasiswa yang terdaftar di UMP sampai saat ini tercatat 13.310 mahasiswa. Sedangkan kualitas lulusannya, bisa diukur dari angka indeks prestasi. ''IP lulusan UMP yang pada  2017-2018 yang di atas 3,0, mencapai 83,6 persen, dengan rata-rata 3.36,'' jelasnya.

Hingga tahun akademik 2017-2018, lanjutnya, program studi di UMP yang sudah terakreditasi mencapai 32 prodi. Dari jumlah itu, sebanyak 27 prodi terakreditasi B sedangkan yang telah akreditasi A sejumlah tiga program studi. ''Data ini merupakan catatan emas dibidang akademik. Saya berharap, semua prodi di UMP kelak bisa terakreditasi A,'' katanya.

Dalam hal prestasi mahasiswa, rektor mengatakan, berbagai prestasi juga telah ditorehkan mahasiswa UMP. Di antaranya, Juara 1 dari 20 Kategori pada Kejuaran nasional Pencak Silat Wasit Juri Open Championship 2017 di Sukabumi, dan berbagai gelar juara dalam kejuaraan Tae Kwon Do yang diselenggarakan Kemenpora.

Sedangkan dalam bidang Pengembangan, Kerja Sama, Al Islam, dan Kemuhammadiyahan, UMP telah memiliki 90 kerja sama dengan institusi di dalam negeri, baik dari pemerintahan dan swasta. Sedangkan untuk kerja sama internasional, rektor mencatat ada 59 MoU yang telah ditandatangani dengan pihak asing.

Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Lincolin Arsyad, dalam kesempatan itu mengatakan usia UMP yang telah menginjak 53 tahun merupakan pencapaian yang luar biasa. ''UMP ini, di mata kami (Majelis Diktilitbang Muhammadiyah) merupakan salah satu universitas yang berkembang sangat pesat. Mulai dari sarana prasarana, sumber keuangan, dari waktu ke waktu terus meningkat,'' katanya.

Selain dihadiri jajaran civitas akademikan UMP, peringatan milad juga dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah Prof Dwi Yuwono Puji Sugiharto, Kopertais Wilayah X Jawa Tengah dan para pimpinan daerah Muhammadiyah di wilayah eks Karesidenan Banyumas dan sekitarnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES