Selasa 05 Jun 2018 15:23 WIB

Mendikbud Lakukan Penataan Internal Kementerian

Ada beberapa unit yang dihilangkan agar organisasi dapat lebih ramping

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy
Foto: dok. Humas Pemkot Bogor
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy kembali melakukan penataan jajaran pejabat pimpinan tinggi utama, administrator, dan pengawas di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sebanyak 208 pejabat struktural dilantik ke dalam jabatan baru bersama dua orang pejabat fungsional Pengembang Teknologi Pendidikan (PTP).

"Pelantikan ini dilaksanakan sebagai rangkaian dari perubahan struktur organisasi dan tata kerja pada beberapa unit di kementerian," kata Muhadjir melalui pesan tertulis, Selasa (5/6).

Dia mengatakan, ada beberapa unit yang dihilangkan agar organisasi dapat lebih ramping dan lincah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Adapun tour of duty dan tour of area yang terus dilakukan adalah demi penyegaran, peningkatan kompetensi, dan agar para pejabat di lingkungan Kemendikbud mampu memahami permasalahan di unit yang berbeda-beda.

"Saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan jasa-jasanya selama melaksanakan tugas jabatan," kata dia.

 

(Baca: Menristekdikti: Sistem Pendidikan Harus Adaptif)

Muhadjir melantik Sutanto sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Sesditjen Dikdasmen), Dyah Ismayanti dilantik sebagai Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Jenderal. Pelantikan Kepala Biro Kepegawaian menjadi Kepala Biro SDM sejalan dengan penyesuaian organisasi dan tata kerja (OTK) Kemendikbud yang baru melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 11 Tahun 2018.

Dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Mendikbud melantik M. Qudrat Wisnu Aji sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Bambang Winarji yang sebelumnya menjabat Direktur Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah dilantik sebagai Direktur Tenaga Kependidikan.

Sedangkan Sri Renani Pantjastuti yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dilantik sebagai Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus. Adapun Thamrin Kasman yang sebelumnya menjabat Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah hari ini dilantik sebagai Inspektur II di Inspektorat Jenderal.

Mendikbud juga melantik pejabat fungsional Nelwan Isa dan Didik Wira Samodra sebagai Pengembang Teknologi Pendidikan Ahli Madya. "Ciptakan kepemimpinan yang menyejukkan dan demokratis, sehingga menumbuhkan kreativitas dan produktivitas kerja," pesan Muhadjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement