Jumat 18 May 2018 07:07 WIB

Dosen UAD: Potensi Setiap Orang Harus Difasilitasi

Setiap mahasiswa, apapun program studinya pasti memiliki potensi

Rep: MgROL 06/ Red: Fernan Rahadi
Universitas Ahmad Dahlan (UAD).
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tiap mahasiswa berpotensi menjadi seorang juara. Hal itu telah dibuktikan oleh dosen Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Anton Yudhana. 

"Prinsipnya setiap orang itu berpotensi, Potensi yang ada di setiap masing-masing orang harus difasilitasi," ujarnya saat ditemui di Kampus 3 UAD, Selasa (15/5).

Menurut Anton, setiap mahasiswa, apapun program studinya pasti memiliki potensi. "Menurut saya potensi tersebut harus difasilitasi dengan cara ditemani dan dibimbing untuk dimaksimalkan. Sehingga dari awalnya potensi terdampingi, terbimbing, dan diarahkan dengan baik mana saluran yang tepat Insya Allah mereka akan berprestasi,” jelasnya. 

Anton mengatakan, menilai seseorang jangan dari apa yang tampak. Anton sudah membuktikan beberapa waktu lalu saat ia membimbing mahasiswa yang apabila dilihat secara awam mahasiswa tersebut tidak berpotensi.

"Akan tetapi setelah saya berkomunikasi lebih dalam ternyata mahasiswa itu memiliki potensi menjadi calon kandidat wirausaha muda," ujarnya. 

Dia juga mengungkapkan kiat utama agar dapat memfasilitasi potensi mahasiswa adalah faktor komunikasi. Memperbanyak komunikasi-komunikasi nonformal antara dosen dan mahasiswa ternyata dapat memunculkan ide-ide cermelang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement