Ahad 29 Apr 2018 06:30 WIB

Pengusaha Binaan IPB Dilatih Mengakses Lembaga Keuangan

Bank BJB siap membantu pengembangan usaha UMKM binaan IPB.

IncuBie IPB dan Bank BJB menggelar edukasi bagi pengusaha UMKM.
Foto: Dok IPB
IncuBie IPB dan Bank BJB menggelar edukasi bagi pengusaha UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pusat Inkubator Bisnis dan Pengembangan Kewirausahaan (IncuBie) Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Bank Jabar dan Banten (BJB) menyelenggarakan kegiatan edukasi bagi pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan IPB, Selasa (24/4).

Acara yang berlangsung di ruang Serbaguna IncuBie Kampus IPB Baranangsiang, Bogor, Jawa Barat  itu diikuti oleh 30 orang pengusaha UMKM binaan IncuBie IPB. Hadir dari pihak Bank BJB,  Kepala Divisi Kredit UMKM,  Arief Setyahadi dan Kepala Cabang Bank BJB Kota Bogor, Agung Subagja.

Kepala IncuBie, Dr Ir  Rokhani Hasbullah MSi mengatakan, dalam pengembangan usahanya, tenant akan difasilitasi untuk mendapatkan permodalan dari lembaga keuangan melalui pendampingan pencatatan usaha dan penyusunan business plan agar usahanya bankable (layak mendapatkan pembiayaan dari bank).

"Dalam mengembangkan usahanya, janganlah permodalan dijadikan kendala karena banyak lembaga permodalan yang siap membantu UMKM,"  tegas Rokhani dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Jumat (27/4).

 

Dalam diskusi dengan pihak Bank BJB disepakati perlunya kerja sama dengan pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB terkait dengan pengembangan UMKM maupun program pemberdayaan masyarakat secara luas. "Dalam waktu dekat pihak Bank BJB akan beraudiensi dengan LPPM IPB untuk merumuskan kerja sama tersebut,"  papar Rokhani.

Arief Setyahadi dari Divisi Kredit UMKM Bank BJB menegaskan komitmennya bahwa Bank BJB siap membantu pengembangan usaha  UMKM binaan IPB.

 

Dalam diskusi bertajuk “Kiat Mudah Bermitra dengan Lembaga Keuangan” ini Tim Bank BJB menyampaikan Program Pemberdayaan Ekonomi Terpadu (PESAT). PESAT Bank BJB merupakan program pemberdayaan bagi masyarakat, sebagai unique value proposition Bank BJB,  untuk meningkatkan kapasitas usaha maupun memulai usaha baru. Program tersebut dilaksanakan secara reguler dan terukur di sentra-sentra UMKM Bank BJB.

 

Tujuan utama Program PESAT adalah menciptakan loyal customer (nasabah loyal) melalui peningkatan kapasitas usaha debitur Bank BJB, dan menjaring nasabah baru dengan mendukung penciptaan UMKM baru yang bankable.

IncuBie IPB hingga saat ini telah membina sebanyak 217 tenant, yang terdiri dari 52 tenant inwall dan 165 tenant outwall. Umumnya bidang usaha para tenant adalah di bidang pangan dan pangan fungsional mencapai 71 persen  dan industri kreatif mencapai 20 persen.

Dalam upayanya mengembangkan usaha tenant, incuBie telah menginisiasi berdirinya koperasi yaitu Koperasi Inkubator Bisnis Indonesia (KIBI) yang telah mendapatkan legalitas badan hukum No. 518/395/BH/KPTS/DISKOPERINDAG/I/2015, Januari 2015.

Pada kesempatan tersebut pengurus KIBI, Dadang Tresnakusuma dan Tarmidi menyampaikan perkembangan kegiatan usaha KIBI yang sejak awal dibentuk dari-oleh-untuk tenant incuBie. Kepala incuBie menghimbau agar para tenant bergabung dalam wadah koperasi untuk meningkatkan kinerja usahanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement