Jumat 27 Apr 2018 00:52 WIB

ISTN Wisuda 381 Lulusan

Para lulusan diminta meneladani semangat juang Kartini dalam pendidikan

Wisuda ISTN
Foto: dok: ISTN
Wisuda ISTN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) Jakarta kembali melakukan wisuda terhadap mahasiswa yang telah menyelesaikan studi. Kali ini ISTN melakukan wisuda terhadap 381 lulusan dalam acara yang berlangsung di Auditorium Prof. DR. Ir. R. Roosseno, Kampus ISTN Bhumi Srengseng Indah Jakarta.

Peserta Wisuda terdiri dari 12 lulusan Program Diploma, 210 lulusan Program Sarjana, 148 lulusan Program Profesi Apoteker dan 11 lulusan program Pasca Magister pada semester Gasal 2017/2018.

Rektor ISTN, Dr. Dra. Lili Musnelina, M.Si, Apt. menyampaikan, wisuda lulusan kali ini berdekatan dengan Hari Kartini. Ia pun meminta para lulusan ISTN bisa benar-benar memaknai perjuangan Kartini. Khususnya dalam bidang pendidikan.

"Banyak hal yang dapat kita teladani dari sosok seorang Kartini, seorang perempuan yang mempunyai pemikiran yang maju dan cita-cita mulia yang mungkin tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang pada masa itu," ujar Lili Musnelina dalam keterangan tertulis, Kamis (26/4). 

Pemikiran Kartini yang terjadi pada akhir abad 19, pada 100 tahun lebih yang lalu menggambarkan semangat dan keinginan untuk dapat melepaskan diri dari belenggu kebodohan.

"Kita seharusnya malu, bahwa kita yang hidup pada abad 21 ini masih kalah semangat dibandingkan Kartini. Kita masih sering menyaksikan kemalasan dalam menimba ilmu pengetahuan maupun pengalaman. Kita juga menemukan contoh ketidak tulusan dalam menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran," kata dia.

Setidaknya ada tiga keteladanan yang bisa dipetik dan diterapkan dari perjalanan seorang Kartini. Yaitu kreativitas, kepedulian dan keuletan dalam belajar.

"Kreativitas dalam melakukan perbaikan untuk suatu kemajuan. Kepedulian terhadap anak didik kita dan keuletan dalam belajar untuk dapat berkontribusi secara maksimal dalam perkembangan ilmu dan teknologi," ujarnya.

Semangat itu pun akan terus dijalani ISTN, salah satunya dengan memberikan beasiswa kepada siswa/i SMA sederajat yang ingin melanjutkan di pendidikan tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement