Senin 23 Apr 2018 09:11 WIB

Inovasi UII di IMS Dilirik Jokowi

Jokowi memberikan apresiasi atas kreativitas anak-anak muda

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Esthi Maharani
Stan Tim Mobil Listrik Ulil Albab Student Center (UASC) Universitas Islam Indonesia (UII) di Indonesia International Motor Show (IIMS).
Foto: Dokumentasi
Stan Tim Mobil Listrik Ulil Albab Student Center (UASC) Universitas Islam Indonesia (UII) di Indonesia International Motor Show (IIMS).

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- Tim Mobil Listrik Ulil Albab Student Center (UASC) Universitas Islam Indonesia (UII) turut berpartisipasi memamerkan karyanya di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Menjadi satu-satunya karya mahasiswa yang dipamerkan, inovasi-inovasi UII sukses menarik minat pengunjung, tidak terkecuali Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo berkesempatan hadir dan melihat langsung Sepeda Listrik PitX pada hari pertama. Dalam momen tersebut, Jokowi memberikan apresiasi atas kreativitas anak-anak muda yang berhasil menggarap sepeda listrik tersebut.

Selain itu, ia berpesan kepada Tim Mobil Listrik UASC untuk tetap semangat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Sebelum beranjak, tidak lupa Jokowi memberikan tanda tangan di mobil listrik karya mahasiswa UII tersebut.

"Pak Jokowi juga kagum mendengar sepeda ini dapat melaju dengan kecepatan 60 kilometer per jam, beliau memberikan semangat kepada kami untuk berinovasi dan semakin kreatif," kata Ketua TIm Mobil Listrik UASC, Rian Nur Adiyatama, dari Jakarta Convention Center (JCC).

 

photo
Inovasi UII di IMS dilirik Jokowi (Dokumentasi)

Rian berharap, ke depan pengembangan Sepeda Listrik PitX dapat terus dilakukan. Terlebih, sepeda listrik ini merupakan hasil kolaborasi alumni dan mahasiswa UII, sehingga sangat diharapkan koordinasi keduanya terus berlangsung.

Selain itu, ia berharap, ke depan ada rute program yang jelas terkait apa yang selanjutnya akan dilakukan kepada produk-produk Tim Mobil Listrik UASC. Seperti, dapat ditentukan arah fokusnya, fasilitas selanjutnya dan seperti apa peran alumni.

"Ke depannya, Tim Mobil Listrik UASC berencana hingga bulan September akan mempersiapkan semua berkas untuk dapat mengikuti lomba FSAE di Jepang, dan fokus memperbaiki Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi kedua untuk dapat diikutkan lomba," ujar Rian.

Untuk Tim Mobil Listrik UASC sendiri, tahun ini merupakan keempat kalinya keikutsertaan mereka dalam gelaran IIM. 2015 jadi tahun pertama karya mahasiswa UII dipamerkan, lalu berlanjut ke tahun-tahun selanjutnya.

Perbedaan ada pada konsep, mengingat tahun ini pengunjung diberi kesempatan untuk mencoba langsung mobil yang dipamerkan di IIMS. Selain itu, mobil listrik yang dipamerkan untuk IIMS 2018 dari UII merupakan Kaliurang Unisi Generasi ketiga.

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi ketiga merupakan yang terbaru dari Tim Mobil Listrik UASC. Mobil mengusung teknologi telemetry yang telah didesain selama satu tahun, yang membuatnya dapat menampilkan suhu, baterai dan daya yang dimiliki mobil dalam layar.

Selain itu, mobil dilengkapi self developed battery management system (BMS) dan sistem live streaming. Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi ketiga memiliki kecepatan hingga 70 kilometer per jam, dan memiliki bobot yang lebih ringan dari generasi kedua 120 kilogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement