Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Monday, 22 Safar 1441 / 21 October 2019

Alumni UI Didorong Jadi Pengusaha

Kamis 19 Apr 2018 14:06 WIB

Red: Budi Raharjo

Acara Meet Up & Leaders Talk yang dihelat Iluni UI dan dihadiri pengusaha nasional Chairul Tanjung, di Auditorium Bank Mega Jakarta Selatan.

Acara Meet Up & Leaders Talk yang dihelat Iluni UI dan dihadiri pengusaha nasional Chairul Tanjung, di Auditorium Bank Mega Jakarta Selatan.

Foto: Iluni UI
Rektor UI ingin 10 persen dari lulusan UI bisa menjadi pengusaha sukses

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) mendukung keinginan Rektor UI agar kampus perguruan tinggi negeri ini bisa melahirkan lebih banyak alumni yang berprofesi sebagai pengusaha. Saat ini, jumlah lulusan UI yang berprofesi sebagai pengusaha apalagi masuk kategori pengusaha sukses masih sangat sedikit.

Ketua Umum Iluni UI Arief Budhy Hardono menyatakan, pihaknya akan terus memperkuat kerja sama dengan sesama alumni yang telah sukses di dunia bisnis. Salah satunya kerja sama dengan pengusaha nasional lulusan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UI yang juga pendiri dan pimpinan CT Corporation, Chairul Tanjung.

“Jika alumni UI bersatu dan saling membantu, kita bisa mengarahkan agar lulusan UI lebih banyak lagi yang  menggeluti dunia bisnis maupun kewirausahaan. Setidaknya, 10 persen dari lulusan UI bisa berprofesi sebagai pengusaha yang sukses,” kata Arief di Jakarta.

Sebelumnya, di acara Meet Up & Leaders Talk yang dihadiri pengusaha nasional Chairul Tanjung, di Auditorium Bank Mega Jakarta Selatan, Rektor UI Prof Dr Muhammad Anis menyampaikan keinginannya agar di masa mendatang jumlah lulusan UI yang menggeluti profesi pengusaha semakin  bertambah. Setidaknya 10 persen lulusan UI dapat menjadi pengusaha yang sukses.

Untuk itu, Rektor UI akan meningkatkan jalinan kerja sama dengan Iluni, CT Corporation dan perusahaan-perusahaan besar lainnya untuk membangun pusat pelatihan kewirausahaan UI di Depok dan Jakarta. Nantinya mahasiswa maupun alumni-alumni UI yang baru menyelesaikan kuliahnya dapat mengikuti dan mengasah bakat dan keahliannya di bidang entrepreneur di pusat pelatihan itu.

Muhammad Anis mengatakan saat ini alumni UI muda baru menjadi pengusaha-pengusaha muda. Nanti UI dengan CT Corporation, ILUNI UI dan perusahaan-perusahaan lain akan membangun entrepreneur centre. Ia ingin salah satu kriteria lulusan UI adalah memiliki kemampuan di bidang entrepreneur.  

"Targetnya 10 persen lulusan UI bisa menjadi entrepreneur sukses. Target 10 persen ini masih jauh dari apa yang sudah dihasilkan pihak MIT atau Massachusetts Institute of Technology, dimana 30 persen lulusannya  menjadi pengusaha sukses,“ ujar Anis.  

Acara Meet Up & Leaders Talk yang dihelat Ilini dihadiri para Ketua Iluni UI antara lain Eman Sulaeman Nasim, Taufik Jamaan, Iwan Sabar Sundarelawan dan Ahmad Fathul Bahri. Selain itu hadir juga para ketua Iluni Fakultas dan Wilayah. Hadir pula Ketua BEM UI Zaadit Taqwa, mantan mensekab Dipo Alam, mantan Dirut TVRI Ishadi SK, mantan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto, Dirut Garuda Indonesia Pahala N Mansury, serta dosen dan pimpinan fakultas di lingkungan UI.

Adapun pemilik Trans TV, Chariul Tanjung memaparkan peluang dan tantangan bisnis di Indonesia saat ini dan di masa yang akan datang. Ia yakin apabila roda pemerintahan Indonesia berada pada jalur yang benar, pada 2030 Indonesia akan menjadi negara yang maju.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA