Senin 26 Mar 2018 16:32 WIB

UNY Gelar Lokakarya Pranata Laboratorium Pendidikan

Kegiatan bertujuan memupuk persatuan antara pranata laboratorium pendidikan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UNY.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UNY.

REPUBLIKA.CO.ID,  SLEMAN -- Lokakarya dan Rapat Koordinasi Wilayah Persatuan Pranata Laboratorium Pendidikan Indonesia (PPLPI) diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Lokakarya turut menitipkan harapan agar PPLPI mampu meningkatkan kesejawatan dan profesionalitasnya.

"Harapan tinggi kepada PPLPI untuk menjadi wadah pengembangan keahlian, sehingga pranata laboratorium semakin profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya," kata Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, di Aula Fakultas Teknik UNY.

Lebih jauh, ia berharap PPLPI bisa menjadi inisiator dalam melahirkan kode etik pranata laboratorium pendidikan Indonesia. Kode etik sendiri diharapkan berisi serangkaian aturan yang disepakati seluruh peserta PPLPI.

Sutrisna menekankan, kode etik itu berfungsi sebagai aturan baku untuk setiap anggota dalam menjalankan fungsi sebagai pranata laboratorium. Ia mengingatkan, era disrupsi telah mengubah pola kehidupan masyarakat dengan aspek utamanya keterjangkauan.

Karenanya, tidak heran bilamana sekarang semuanya berbasis daring (online), dan fenomena ini turut melanda dunia pendidikan. Menurut Sutrisna, salah satu aspek penting yang paling merasakan efeknya tidak lain proses pembelajaran itu sendiri.

"Sehingga, diharapkan para pranata laboratorium bisa segera menyesuaikan diri untuk menghadapi kondisi ini," ujarnya.

Senada, Ketua Panitia Lokakarya dan Rakorwil PPLPI, Mutaha, mengatakan kegiatan ini bertujuan memupuk persatuan antara pranata laboratorium pendidikan. Serta, meningkatkan keprofesionalan dalam melayani pembelajaran di kampus masing-masing.

Lokakarya bertajuk 'Safety and Management of Laboratory' menghadirkan Darmono dari Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNY yang menyampaikan Management Laboratorium dan Bengkal. Ada pula Indra Arya Wirawan dari PT Merck Idonesia yang menyampaikan Safety in Laboratory.

"Juga dilanjutkan workshop untuk mengupgrade pengetahuan, sehingga kapasitas dan kompetensi masing-masing anggota PPLPI dapat meningkat," kata Mutaha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement