Kamis 01 Mar 2018 13:04 WIB

UI Resmikan Laboratori Kendali Canggih Terhubung Pertama

Fasilitas ini menjadi nilai tambah bagi program teknik.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Winda Destiana Putri
Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia bersama Honeywell meresmikan laboratori kendali canggih terhubung pertama di Indonesia di Fakultas Teknik UI (FTUI). Laboratori ini menggunakan sistem dan software canggih Honeywell Building Technologies untuk mengendalikan berbagai fasilitas di beberapa gedung kampus FTUI.

"Keberadaannya bakal memungkinkan para mahasiswa/i dan dosen untuk melakukan simulasi, belajar dan mengembangkan sistim gedung pintar dengan menggunakan modul dan software dari Honeywell," kata Rektor UI Prof. Muhammad Anis di Depok, Kamis (1/3).

Dia mengatakan, fasilitas ini menjadi nilai tambah bagi program teknik sehingga mahasiswa/i dapat mempelajari teknologi terkini dari industri otomasi gedung dan sistem kendali. Kampus Fakultas Teknik UI menjadi kampus pertama di Indonesia yang terhubung dengan Honeywell Building Technologies.

"Kami bangga menjadi universitas pertama di Indonesia yang memiliki fasilitas canggih di Fakultas Teknik kami. Kami juga berterima kasih kepada Honeywell atas komitmen dan dukungannnya dalam meningkatkan kualitas pendidikan teknik di Indonesia," kata dia.

Sementara itu, Presiden Honeywell Indonesia Toy Kosasih menyatakan, Laboratori Kendali Honeywell-UI Smart Connected Engineering Campus ini didukung oleh Honeywell Hometown Solutions, yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. Laboratori ini menggunakan teknologi layanan gedung terkoneksi berbasis komputasi awan (//Cloud-based Connected Building services//), sistem manajemen gedung, teknologi gedung pintar dengan kemampuan antar-muka visual dan intuitif, serta sistim keamanan dan anti-kebakaran terpadu.

"Sebagai negara terbesar di ASEAN, Indonesia memiliki pertumbuhan yang baik dan tentunya pembangunan gedung-gedung juga akan terus meningkat. Kondisi ini akan membutuhkan banyak insinyur yang handal dan siap bekerja di industri," kata Roy.

Pihaknya berharap melalui kemitraan ini dapat membantu para insinyur lulusan FTUI, agar mampu mengaplikasikan pengetahuannya untuk membangun gedung-gedung yang lebih aman, nyaman, efisien dan ramah lingkungan, di seluruh Indonesia. Inovasi ini juga diharapkan mampu menciptakan produk dan proses baru yang akan menopang pertumbuhan ekonomi bangsa.

Ini komitmen untuk membantu generasi muda agar lebih inovatif di masa depan. Kami percaya bahwa upaya Honeywell dalam mempromosikan pendidikan di bidang sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM) akan memberikan manfaat bagi negara ini, ujar Roy Kosasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement