Rabu 17 Jan 2018 12:06 WIB

Menag Berpesan Mahasiswa Indonesia di Kairo Jaga Nama Baik

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani
Universitas Al Azhar Kairo
Universitas Al Azhar Kairo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bertolak menuju Mesir untuk menghadiri Konferensi Internasional di Al Azhar. Konferensi ini akan berlangsung dua hari, 17-18 Januari 2018. Menag pun menyempatkan untuk bertemu dengan para mahasiswa Indonesia yang menuntut ilmu di Universitas Al-Azhar. Ia menebarkan semangat kepada para mahasiswa untuk terus bersikap optimistis dalam menempuh pendidikan di Mesir.

"Kalian adalah orang-orang pilihan yang atas takdir Allah bisa mewujudkan impian ribuan orang yang ingin kuliah di Al-Azhar. Jadilah duta-duta Indonesia yang baik, dan jangan lupa untuk terus menjaga nama baik Al-Azhar yang sumbangsihnya sangat besar di dunia pendidikan maupun internasional," ujarnya di hadapan sekitar 400 orang mahasiswa dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Jakarta, Rabu (17/1).

Hal senada juga diungkapkan oleh Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi, yang menyuarakan pendapatnya selaku salah satu alumni Universitas Al-Azhar.

"Tidak ada alasan untuk tidak berhasil menuntut ilmu di Kairo. Ambil kesempatan sebaik-baiknya dan kalian akan jadi duta-duta terbaik Indonesia di Mesir," imbuhnya.

Dalam kunjungan tersebut, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Kairo Usman Syihab menjelaskan asrama mahasiswa tersebut diresmikan pada 2016 dan mulai digunakan untuk menampung 900 mahasiswa baru asal Indonesia pada tahun ajaran 2017. Di samping menjadi tempat tinggal bagi para mahasiswa, asrama tersebut juga menjadi pusat kegiatan pembinaan bagi para mahasiswa.

Secara rutin diselenggarakan aktivitas seperti ceramah umum, pelatihan menghafal, dan kegiatan akademis yang lain.

"Saya menyadari betul, bahwa penyelenggaraan program pembinaan di dalam asrama ini tidak mudah. Tetapi saya melihat, bahwa Al-Azhar terus melakukan upaya untuk memperbaiki pola pembinaan di asrama ini, sehingga diharapkan akan semakin maju dan berkembang ke arah yang lebih baik, ujar Duta Besar Helmy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement