Jumat 27 Oct 2017 15:16 WIB

Uhamka Choir Sabet Empat Medali Emas di Srilanka

uhamka universitas muhammadiah Prof Dr HAMKA
Foto: dok.uhamka
uhamka universitas muhammadiah Prof Dr HAMKA

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paduan suara Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka Choir)  berhasil menyabet empat medali emas dalam ajang Asia Pasific Choir Games, Colombo, Sri Lanka Oktober 2017.  Empat medali emas tersebut antara lain dua golden diploma pada babak open competition dan dua gold medal pada babak champion competition untuk kategori adult mixed choir dan folklore acapella.

Kompetisi tersebut diikuti oleh 73 kelompok paduan suara dari berbagai negara antara lain Srilanka, Iran, Cina, Kroasia, India, Indonesia, Latvia, Rusia, dan Thailand.

Konduktor Uhamka Choir Mohammad Charles mengatakan, persaingan dalam kompetisi ini sangat ketat. Jurinya juga berasal dari berbagai negara seperti Norwegia, Vietnam, Inggris, Srilanka, Singapura, India, Thailand, Cina, Filipina, Belanda, Malaysia, juga Indonesia. Standar penilaiannya juga tinggi.

"Guna menghadapi kompetisi ini, Uhamka Choir melakukan persiapan dan latihan selama delapan bulan ini. Kami melakukan secara intensif dan maksimal, anggota juga sangat disiplin dalam berlatih, motivasi mereka luar biasa," kata Mohammad.

Pada kompetisi tersebut, Uhamka Choir menampilkan masing-masing tiga lagu pada dua kategori yang diikuti. Pada kategori folklore acapella, Uhamka Choir  menampilkan tiga lagu tradisional Indonesia yaitu Benggong (Manggarai, Flores),  Hela Rotan (Maluku), Ma Rencong Rencong  (Bugis).

Pada kategori adult mixed choirs, Uhamka Choir  menampilkan Sholawat, Drei geistliche Gesànge op. 69 Nr. 3 Abendlied,  El guayaboso. "Alhamdulillah melalui proses perjuangan yang  telah dilakukan Uhamka Choir, mereka berhasil meraih empat medali emas," kata Rektor Uhamka Suyatno.

Menurut Suyatno, prestasi ini merupakan bentuk apresiasi kepada mahasiswa untuk bisa mengembangkan bakat dan minat mereka sesuai dengan minatnya. Uhamka selalu memberikan fasilitas dan dukungan.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement