Ahad 13 Aug 2017 07:45 WIB

Ini Pesan Jokowi untuk Penggemar KPop

'Inflitrasi budaya itu sudah masuk gang-gang kita,' kata dia.

Presiden Joko Widodo menonton Festival Musik 'We The Fest' di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (11/8) tadi malam.
Foto: Antara/Rosa Panggabean
Presiden Joko Widodo menonton Festival Musik 'We The Fest' di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (11/8) tadi malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Presiden Joko Widodo mengatakan banyak anak muda saat ini sudah kehilangan karakter bangsa sehingga perlu diingatkan kembali agar nilai-nilai karakter ke-Indonesia tidak hilang karena terjangan infiltrasi ideologi atau pertarungan ideologi yang menjadikan negara ini kalah.  

"Coba lihat inflitrasi budaya itu sudah masuk gang-gang kita. KPop tahu semuanya, Gangnam Style tahu semua, SNSD tahu semuanya," kata dia, dilansir dari Antara, Ahad (13/8). 

Jokowi mengatakan tidak mempermasalahkan generasi dan mengenal grup-grup band dari negara luar tersebut. Akan tetapi, jangan sampai seluruh energi untuk mereka semua. 

Presiden juga mengakui kalau dia sering menonton grup band luar negeri. Bahkan Jumat (11/8), dia nonton konser musik "We The Fest" di JI EXPO Kemayoran Jakarta.

"Tadi malam juga saya juga nonton di 'We The Fest'. Saya sampai jam 12.00 tadi malem. Saya nonton," kata Jokowi saat berbicara dalam acara peluncuran program penguatan pendidikan Pancasila di halaman belakang Istana Bogor, Sabtu (12/8).

Bahkan, Jokowi juga menyebut beberapa penyanyi dan grup band luar negeri yang pernah ditontonya, seperti Metalica, Linkin Park. "Saya nonton untuk membandingkan posisi kita ada di mana, kekalahan kita ada di mana, kita ada di mana, jangan kita tergerus oleh itu. Senang enggak apa-apa, tetapi jangan berikan kesenangan kita semuanya pada dia," kata dia.

Presiden mengatakan dia sering nonton grup band musik luar negeri itu untuk mengetahui bagaimana mereka menata manajemen lampu (lighting), manajemen panggungnya serta pengelolaan penontonnya. Jokowi mengakui Indonesia sebenarnya memiliki itu semua. Bahkan, Indonesia budaya dan jenis tarian yang jumlahnya puluhan ribu dari Sabang sampai Merauke.

Jokowi pun mengatakan banyak orang mengira bahwa pertarungan ideologi di dunia sudah selesai, karena tembok Berlin (Jerman) sudah roboh dan usainya perang dingin antara blok barat dan blok timur. "Tidak, dengan cara berbeda mereka akan masuk, entah lewat musik, entah lewat tari, entah lewat budaya, ekonomi, hati-hati," kata Presiden. 

Presiden mengatakan ideologi Pancasila itu bisa mengarahkan kembali kepada cita-cita bangsa Indonesia dan untuk membendung infiltrasi ideologi dari luar. "Nanti secara detail UKP Pemantapan Ideologi Pancasila bisa menyampaikan, apa sih yang hrus kita kerjakan agar infiltrasi ideologi dari luar dan pertarungan ideologi itu tetap kita menangkan," kata Presiden, menuturkan.

Jokowi kembali mengingatkan bahwa sekarang ini perubahan dunia sangat cepat sekali, dan transisi ini arus diantisipasi agar tidak terlindas. “Lima sampai sepuluh tahun lagi generasi W generasi Y akan mempengaruhi politik, mempengaruhi 'landscape' pasar, mempengaruhi ekonomi landscape sosial, semuanya akan berubah karena yang mempengaruhi anak-anak muda semuanya yang pegangnya adalah smartphone, handphone, gadget,” ujar Jokowi.

Presiden mengingatkan perubahan itu sudah nyata di depan kita sehingga perlu dilakukan untuk memperkuat diri dengan nilai-nilai karakter bangsa dan keagamaan. "Semuanya harus kita perkuat karena terjangan ideolgi, pertarungan ideologi, inflitrasi ideologi itu nyata ada, baik lewat media sosial, entah lewat facebook, instagram, video blog, twitter, lewat pad, bisa lewat semuanya," papar Presiden.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement