Senin 23 Jan 2017 18:00 WIB

STAI Persis Bandung Bersiap Jadi Institut

Ketua dan jajaran pengurus STAI Persis Bandung berfoto bersama Ketua Umum PP Persis KH Aceng Zakaria.
Foto: dok stai persis
Ketua dan jajaran pengurus STAI Persis Bandung berfoto bersama Ketua Umum PP Persis KH Aceng Zakaria.

REPUBLIKA.CO.ID,  BANDUNG -- Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Persis Bandung bersiap untuk berubah status menjadi Institut sebagai tahapan menuju universitas.

"Tasykil (jajaran pengurus) saat ini, kita punya program hadapan untuk penambahan prodi-prodi baru sebagai salah satu syarat dan upaya pembentukan Institut. Dari Institut baru kita melangkah ke Universitas," ujar Ketua STAI Persis Bandung, Dr Nurmawan kepada Republika.co.id, Senin (23/1).

Dr Nurmawan merupakan ketua terpilih STAI Persis Bandung masa jihad 2016-2020. Ketua STAI Persis Bandung itu dilantik pada Sabtu (21/1), di Masjid STAI Persis Ciganitri, Bandung. Pelantikan dan pengambilan sumpah ketua STAI Persis terpilih dipimpin oleh Ketua Dikti PP Persis Dr Badri Khoeruman.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pelantikan tasykil/jajaran pengurus yang diambil sumpahnya. Pengurus STAI Persis yang dilantik itu antara lain; ketua dan empat jajaran ketua bidang serta ketua program studi (prodi); Ketua Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Nurdin Qusyaeri MSi; Ketua Prodi Ilmu Quran dan Tafsir, Dr Roni Nugraha; Ketua prodi PAI, Lalan Sahlani, MPd; Ketua Prodi PGRA,  Taty Setiaty MPd; dan Ketua Ekonomi Syariah, Dudi Sudirman MM MAK.

Pelantikan tersebut juga dihadiri Sekda Jabar Dr H Iwa Karniwa. Dalam sambutannya, Iwa mendukung upaya pembentukan sistem pendidikan yang terstruktur yang sedang digulirkan oleh PP Persis. Salah satunya melalui lembaga pendidikan STAI Persis Bandung. Sekda juga mendukung penuh upaya pembentukan institut sebagai tahapan menuju universitas. Dalam kesempatan itu, Sekda Jabar memberi saran agar PP Persis memdirikan rumah sakit.

Ketua STAI Persis Dr Nurmawan menambahkan, lembaga pendidikan tinggi yang dipimpinnya sudah banyak melahirkan pendidik yang bisa diandalakan oleh masyarakat. "Perhatikan, hampir mayoritas pesantren-pesantren yang ada di tengah masyatakat penggiatnya merupakan jebolan STAIPI," ungkapnya.

Pihaknya mengapresiasi semua pihak yang telah membantu STAI Persis. Ia juga memohon doa agar STAI Persis bisa menjawab tantangan-tantangan dan problem keumatan dalam setiap zaman.

Ketua Umum PP Persis KH Aceng Zakaria dalam taushiyahnya mengungkapkan bahwa STAI Persis adalah kebanggaan bagi Persis. Menurut dia, PP Persis mendukung penuh perkembangan lembaga pendidikan STAI Persis.

Kiai Aceng berharap agar para mahasiswa dan dosen selalu meningkatkan kemampuan keilmuan dan pemahaman tentang Alquran dan Hadits serta giat dalam menjalankan Tridarma Perguran Tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement