Selasa 17 Jan 2017 12:24 WIB

Unpas Diharapkan Masuk Dalam 500 Kampus Terbaik Dunia

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Rektor Unpas Prof Eddy Jusuf. (Republika/Edi Yusuf)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Rektor Unpas Prof Eddy Jusuf. (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pasundan (Unpas) diharapkan bisa masuk dalam 500 perguruan tinggi terbaik di dunia. Saat ini, dari jumlah tersebut hanya dua perguruan tinggi yang masuk dalam urutan tersebut yaitu Universitas Indonesia (UI) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Iwa Kartiwa mengungkapkan saat ini Unpas telah banyak membantu provinsi Jawa Barat dalam membangun pendidikan di Jawa Barat. Ke depan, kebijakan Unpas yang sudah berjalan baik bisa lebih diperkuat.

"Dari 500 universitas terbaik di dunia, Indonesia ada dua yaitu UI dan ITB sementara Malaysia ada 7 dan oleh karena itu, arah kebijakan yang didesain oleh Unpas bisa diarahkan pada tiga hal," ujarnya saat memberikan sambutan dalam pelantikan rektor Unpas, Prof Eddy Jusuf, Selasa (17/1).

Menurutnya, kebijakan pembangunan pendidikan Unpas bisa diarahkan ke arah penguatan World Class University. Dimana, indikatornya sudah terlihat di Unpas dengan adanya mahasiswa yang berasal dari luar negeri.

Selain itu, akreditasi Unpas harus internasional baik yang mengacu dari Amerika, Inggris ataupun yang lain. Dengan basis penelitian yang banyak serta diakui dan standar dunia. Kemudian tetap mengembangkan pendidikan dan praktek.

"Tiga hal itu yang akan dikerahkan dan Unpas akan menuju 500 terbaik di dunia kampus," ungkapnya.

Sebelumnya, Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan (YPTP) melantik Prof Eddy Jusuf sebagai rektor Universitas Pasundan (Unpas) periode kedua masa bakti 2016-2020, Selasa (17/1). Kepemimpinan Prof Eddy Jusuf sebagai rektor Unpas merupakan yang kedua kali, dimana sebelumnya memimpin periode 2012-2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement