Selasa 03 Jan 2017 18:32 WIB

UMM Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Undangan

umm
Foto: umm
umm

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) telah membuka pendaftaran mahasiswa baru jalur undangan sejak Senin (2/1). Jalur yang berlangsung hingga 7 April 2016 ini dikhususkan bagi siswa lulusan SMA sederajat yang memiliki prestasi akademik maupun non-akademik.

Wakil Rektor I UMM Prof Syamsul Arifin, menjelaskan untuk kriteria prestasi akademik, siswa yang mendaftar minimal harus mempunyai nilai rata-rata rapor 80 mulai dari semester 1 hingga semester 5. Nilai rata-rata ini meningkat ketimbang setahun sebelumnya yaitu 75. 

“Peningkatan syarat nilai rata-rata ini, menunjukkan bahwa UMM kian selektif lantaran daya tarik kampus ini yang kian kuat,” kata Syamsul, dalam siaran pers, Selasa (3/1).

Sementara untuk jalur non-akademik atau minat bakat yaitu siswa yang berprestasi di bidang olahraga, seni, karya ilmiah, atau keagamaan minimal di tingkat kota atau kabupaten dan dibuktikan dengan piagam penghargaan. 

Bagi camaba yang lolos melalui jalur undangan, akan dibebaskan dari tes tulis. Sementara untuk wawancara, tetap dilakukan untuk mengetahui kualitas dan motivasi camaba. Namun, jalur ini tidak berlaku bagi Fakultas Kedokteran. 

Cara pandaftarannya juga mudah, yaitu via online, sehingga memudahkan camaba yang berasal dari luar Jawa agar tak perlu jauh-jauh datang ke Malang. Tak heran, kata dia, meski baru dua hari dibuka, jumlah pendaftar jalur undangan online sudah mencapai 209 orang, dengan asal daerah pendaftar yang sangat beragama. 

“Era sudah digital. Dengan tersebarnya asal daerah pendaftar online jalur undangan, berarti informasi tentang UMM sudah diketahui masyarakat luas,” ujarnya.

Sementara untuk jalur reguler mulai di buka pada awal Maret. Untuk gelombang 1 dibuka 6 Maret hingga 7 Mei, gelombang 2 mulai 22 Mei hingga 14 Juli, sementara gelombang 3 mulai 24 Juli sampai 11 Agustus.

UMM juga terus memperbaiki kualitas pelayanan terhadap camaba, terutama saat melakukan herregistrasi maupun pelayanan akademik lainnya. Saat ini, lanjutnya,  UMM tengah merencanakan sistem pembayaran herregistrasi yang akan dilakukan di UMM Dome, bukan di halaman depan Biro Administrasi Akademik seperti biasanya. “Ini supaya pelayanan akademik pada mahasiswa semakin cepat, tepat, nyaman, dan ramah,” jelas dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement