Sabtu 29 Oct 2016 03:33 WIB

Kemenristekdikti Beri Penghargaan Dosen Berprestasi

Kemenristekdikti
Kemenristekdikti

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) memberikan penghargaan kepada tenaga pendidik dan kependidikan berprestasi di Tanah Air.

"Pemberian penghargaan ini juga diharapkan mampu mendorong dosen dan tenaga kependidikan untuk berprestasi secara lebih produktif hingga tercapainya tujuan pengembangan sistem pendidikan tinggi khususnya dan pembangunan sosial pada umumnya," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemristekdikti Ali Ghufron Mukti di Bandung, Sabtu (28/10) malam.

Dia mengatakan kegiatan itu bertujuan agar setiap perguruan tinggi (PT) tergerak untuk memiliki sistem penghargaan yang terprogram bagi dosen dan tenaga kependidikan, meningkatkan motivasi untuk bekerja lebih keras dan lebih cerdas dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, dan menumbuhkan kebanggaan di kalangan dosen dan tendik terhadap profesinya.

Lebih lanjut Ghufron mengatakan bahwa antusiasme perguruan tinggi terhadap kegiatan yang telah dimulai sejak 2004 itu begitu besar, terlihat dari banyaknya proposal masuk yang diajukan oleh perguruan tinggi.

"Banyaknya proposal yang kami terima menjadi pertanda bahwa perguruan tinggi memiliki antusias yang luar biasa dalam melaksanakan kegiatan ini. Antusias ini harus terus dipupuk dan dikembangkan, sehingga dipelaksanaan selanjutnya, partisipasi perguruan tinggi tetap terjaga bahkan terus bertambah," lanjut dia.

Jumlah peserta pendidikan dan tenaga kependidikan berprestasi 2016, tercatat sebanyak 266 orang dengan rincian, kategori administrasi akademik berprestasi 36 orang, kategori dosen berprestasi?63 orang, kategori kepala program studi berprestasi? 48 orang, kategori laboran berprestasi? 44 orang, kategori pengelola keuangan berprestasi 36 orang, dan kategori pustakawan berprestasi 38 orang.

Setiap nominasi di setiap kategori, telah melakukan presentasi terkait capaian prestasi dan inovasi yang dilakukannya kepada para dewan juri yang mengampu bidang kategori.

Sementara, untuk dewan juri sendiri merupakan insan pendidikan tinggi yang terpilih dikarenakan rekam jejak prestasi, kepakaran dan pengabdiannya dalam menjalankan tugas Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Pemenang dosen berprestasi diberikan penghargaan uang sebesar Rp40 juta, pemenang kedua Rp30 juta dan pemenang ketiga Rp25 juta. Sedangkan untuk pemenang tenaga kependidikan secara berurutan berhak mendapatkan Rp30 juta, Rp25 juta dan Rp20 juta. Untuk semua finalis tetap diberikan penghargaan uang masing-masing sebesar Rp5 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement