Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Wednesday, 11 Rabiul Awwal 1442 / 28 October 2020

Tahun Ini Disediakan 2.300 Beasiswa BUDI

Sabtu 25 Jun 2016 21:46 WIB

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Ilham

Beasiswa/ilustrasi

Beasiswa/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tahun ini disediakan sebanyak 2.300 beasiswa BUDI (Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia) untuk dosen perguruan tinggi di Indonesia. Pagu anggarannya senilai Rp 250 miliar.

"Beasiswa BUDI ini merupakan sinergi antara Kementerian Riset, Teknologi dan Penididkan Tinggi (Kemenristekdikti) bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dalam rangka meningkatkan kualifikasi dan kompetensi dosen-dosen di Indonesia," kata Dirjen Sumber Daya Iptek Dikti Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ghufron Ali Mukti, Sabtu (25/6).

Dari 2.300 beasiswa BUDI tersebut sebanyak 2.000 beasiswa untuk jenjang magister (S2) dan doktor (S3) di dalam negeri dan 300 beasiswa untuk jenjang S3 di luar negeri. Anggaran yang disiapkan untuk beasiswa tersebut sebesar Rp 250 miliar.

Di samping itu juga ada program mengundang professor kelas dunia untuk memfasilitasi dan sama-sama bekerja. Fungsinya ada empat, yakni diharapkan  para professor kelas dunia dan dosen di Indonesia bersama menganalisis data yang sudah atau sedang dikumpulkan oleh Dosen S2 dan S3. Kedua, professor tersebut mempublikasikan apa yang sudah ditulis dan dianalisis oleh para dosen ke jurnal internasional.

Menurut Ghufron, BUDI dalam negeri pendaftarannya ditutup 30 Juli. Sehingga masih bisa mendatar ke universitas yang bagus. Namun untuk UGM dan UNY sudah tutup. Untuk beasiswa luar negeri sudah tutup dan sekarang baru proses seleksi dan yang mendaftar sebanyak 1.800 orang.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA