Kamis 26 May 2016 18:27 WIB

ITS-Kemenhub akan Kerja Sama Bidang Teknologi Transportasi

Beberapa produk ITS yang akan dipamerkan dalam kunjungan Menhub ke kampus.
Foto: ITS
Beberapa produk ITS yang akan dipamerkan dalam kunjungan Menhub ke kampus.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Perhubungan RI, Ignasius Jonan, akan melakukan kunjungan ke kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk memberikan kuliah umum, Jumat (27/5). Menhub juga akan ikut menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara ITS dan Kementerian Perhubungan. Serta mengunjungi pameran beberapa karya teknologi yang dihasilkan sivitas akademika ITS di bidang transportasi dan teknologi informasi (IT).

ITS didapuk sebagai partner kerjasama dalam nota kesepahaman kali ini. Salah satu anggota tim kerjasama ITS - Kemenhub Bekti Cahyo Hidayanto mengatakan tujuan dari kerjasama ini antara lain untuk meningkatkan kinerja keselamatan, keamanan dan pelayanan transportasi yang ada di lingkungan Kemenhub. Kerjasama kali ini adalah sebagai bentuk awal jalinan dengan Kemenhub.

“Ini adalah pondasi awal bagi jurusan lain di ITS untuk bisa ikut serta kerjasama dalam bidang pengembangan teknologi dengan Kemenhub,” ujar dosen jurusan Sistem Informasi ini.

Pameran teknologi dari delapan jurusan di ITS akan dipamerkan dalam kunjungan Jonan kali ini. Di antaranya karya teknologi dari jurusan Transportasi Laut yakni peti kemas lipat, peti kemas kendaraan, peti kemas mini, kapal ternak, kapal 3in1, iStow - software loading (perangkat lunak semi otomatis untuk perencanaan penataan muatan pada kapal peti kemas, ferry/RO-RO) , dan transits atau transport simulator (simulator perencanaan transportasi).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement