Senin 16 May 2016 20:40 WIB

500 Slot Beasiswa Siap Diberikan ke Mahasiswa Berprestasi

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mendengarkan program beasiswa dari Djarum Foundation
Foto: dok: Djarum Foundation
Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mendengarkan program beasiswa dari Djarum Foundation

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sekitar 500 slot Djarum Beasiswa Plus kembali disiapkan untuk mahasiswa berprestasi dari perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Tidak hanya mendapat dana beasiswa selama satu tahun, penerima juga akan mendapat berbagai macam pelatihan keterampilan lunak atau soft skills guna menjadi calon pemimpin masa depan bangsa.

Guna membantu memberikan informasi bagi calon pendaftar, stan informasi didirikan di berbagai kampug. Salah satunya di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, agar calon pendaftar mendapatkan kiat melakukan registrasi dan proses melewati seleksi.

“Mendapatkan informasi beasiswa yang akurat sangat penting, mengingat seleksi beasiswa amat ketat. Tahun lalu misalnya, lebih dari 15.000 peminat mendaftar hingga akhirnya kami loloskan 522 mahasiswa. Banyak pendaftar yang memiliki kemampuan akademik dan keaktifan organisasi tinggi sehingga kompetisi menjadi ketat,” ujar Laksmi Lestari, Program Associate Djarum Foundation dalam keterangan tertulis, Senin (16/5).   

Bathien Jagaraga, salah satu mahasiswa UPI menyambut antusias stan informasi beasiswa yang dihadirkan. Karena menurutnya kebanyakan mahasiswa gagal melewati seleksi hanya karena kesalahan kecil seperti lupa akan legalisir, persyaratan yang kurang komplit dan sebagainya.

"Karenanya, kami memfasilitasi sesi informasi dengan layanan stan di kampus agar makin banyak mahasiswa berprestasi ikut mendaftar dan merasakan pengalaman luar biasa yang telah kami rasakan sebagai penerima beasiswa,” kata dia.

Sementara Tanto Haryanto, mahasiswa UPI penerima beasiswa sebelumnya mengatakan program softskills yang ada dalam program beasiswa dapat mengembangkan kemampuan menjalani perkuliahan maupun saat terjun ke dunia kerja kelak.

"Keuntungan lainnya sesudah menjadi alumni, ikatan kekeluargaannya sangat erat hingga lintas angkatan dari berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat, mengingat sudah banyak alumni meraih suksesnya,” ujar Tanto.

Selain di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), stan informasi juga akan ada di Universitas Padjadjaran, Universitas Jenderal Achmad Yani, Universitas Widyatama, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Islam Bandung, Universitas Siliwangi, serta Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement