Sabtu 19 Mar 2016 22:30 WIB

Java Robot Contest Diikuti 177 Peserta

Robot
Foto: AP
Robot

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 177 peserta dari jenjang SD, SMP, SMA/SMK dan mahasiswa se-Indonesia mengikuti "Java Robot Cotest" (JRC) ke-7 yang digelar Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dengan memperebutkan Rp 40 juta.

"177 peserta itu terdiri dari 95 SD, 41 SMP, 33 SMA dan delapan mahasiswa dengan satu tim terdiri dari 2-3 orang. Robot akan melalui lintasan yang telah ditentukan panitia," kata Ketua JRC ke-7 Syaiful Nur Hadi di Surabaya, Sabtu (19/3).

Ia mengatakan setiap tahunnya peserta JRC mengalami fluktuasi, namun pada tahun ini peserta mengalami kenaikan dari tahun lalu yang hanya mencapai 130 peserta, karena persyaratan robot yang digunakan terlalu sulit.

"Kali ini peserta tidak dibebani persyaratan robot yang terlalu sulit, namun pada lintasan robot yang melalui lintasan kelereng. Peserta harus mampu mengambil lima bola yang terdiri dari satu bola besar, dua bola sedang dan dua bola kecil ke dalam lubang yang sudah tersedia," jelasnya.

Untuk satu kali pertandingan, peserta akan membutuhkan waktu empat menit. Peserta juga harus menggunakan robot transporter sebagai pemindah bola yang berukuran 25x25 centimeter (cm).

"Robot dirakit oleh peserta, namun harus menggunakan komponen analog karena robot tidak diperbolehkan untuk diprogram, sehingga program atau robot dijalankan secara manual menggunakan stik dan dikendalikan oleh seorang pengemudi," jelasnya.

Dalam kompetisi yang berlangsung hingga Ahad (20/3) itu terbagi empat kategori, yaitu untuk jenjang SD masuk dalam kategori milkyway galaxy, SMP kategori rocket booster, SMA kategori space shuttle dan mahasiswa kategori satelit.

Sementara itu, peserta dari tim SD Al-Azhar 11 Surabaya, Gading Mahardika dan Rafi Haidar Budiono meuturkan gugup ketika akan menjalankan robotnya untuk melintasi jalan yang sudah disediakan panitia, namun rasa gugupnya bisa teratasi.

"Sangat gugup karena takut jika robot akan rusak atau tidak mampu melewati lintasan, namun setelah robot dijalankan kami bisa melaluinya dengan mudah dan berharap bisa memenangkan kompetisi robot tersebut," ujar siswa kelas IV.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement