Ahad 25 Oct 2015 04:46 WIB

Mau Belajar Riset? Yuk Ikut Pelatihan Ini

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Himpunan Mahasiswa Muslim Pascasarjana Universitas Indonesia (HIMMPAS UI) akan menggelar kegiatan Sekolah Ilmiah Pascasarjana (SIP). Ketua Panitia SIP Elvira Yunita mengatakan kegiatan ini ditujukan bagi semua intelektual Indonesia terutama yang bagi yang berkiprah dalam dunia riset dan publikasi ilmiah.

Rangkaian kegiatan bertema 'Road to Be an Excellent Researcher' ini terdiri atas SIP 1 (31 Oktober 2015), SIP 2 (14 November 2015), mentoring ilmiah (5 Desember 2015) dan Wisuda SIP Angkatan 1 (12 Desember 2015). Sebagai awalan, pekan depan Sabtu (31/10) akan mulai dilakukan pelatihan bagaimana bisa peka terhadap masalah.

"Kegiatan SIP 1 ini diharapkan mampu membawa peserta workshop dan seminar agar dapat menyelesaikan BAB 1 hingga BAB 3 proposal riset," ujar dia.

Selanjutnya, SIP 2 akan dilaksanakan pada Sabtu (14/11). SIP 2 ini berupa workshop penulisan proposal riset secara lengkap dan interaktif. Sesi ini akan dibimbing oleh mentor dari kalangan dosen Universitas Indonesia pada beberapa rumpun keilmuan. Mentoring ilmiah akan dilaksanakan pada Sabtu (5/12).

"Pada kegiatan ini, peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang bersesuaian dengan rumpun dan bidang keilmuan masing-masing. Training intensif dan diskusi aktif akan dilakukan selama kegiatan mentoring berjalan. Kegiatan akan ditutup dengan wisuda Sekolah Ilmiah Pascasarjana Angkatan 1," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement