Jumat 18 Sep 2015 04:15 WIB

Biji Jeruk Siam Bisa Menghambat Tumor

Jeruk
Foto: Youtube
Jeruk

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Limonin merupakan senyawa khas yang terdapat pada jeruk yang keberadaannya kurang  disukai karena menyebabkan rasa pahit pada sari jeruk. Meskipun demikian, limonin memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan, di antaranya menghambat pertumbuhan tumor, menurunkan rasio kolesterol LDL/HDL, serta membantu mengurangi risiko penyakit  penyumbatan pembuluh darah dan kanker.

Di beberapa negara limonin dimanfaatkan sebagai suplemen kesehatan dan bahan tambahan makanan dan minuman. Karena khasiat dan manfaatnya, peneliti Institut Pertanian Bogor (IPB) dari Departemen Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta), yakni Erliza Noor, Dewi Cakrawati, Setyadjit, dan Dondi Setyabudi mengekstraksi untuk mengisolasi limonin dari limbah pembuatan sari jeruk seperti biji, kulit ari dan air backwash.

“Sampai saat ini biji jeruk jarang dimanfaatkan karena rasanya pahit. Kandungan limonin ada pada biji jeruk dan kulitnya. Hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi industri sari jeruk untuk memanfaatkan limbah biji jeruk. Hasil penelitian menyebutkan dari biji jeruk Siam menghasilkan limonin lebih banyak dibandingkan varietas jeruk lainnya,” ungkap Erliza seperti dikutip dari keterangan pers diterima Republika.co.id, Kamis (17/9).

Noor dalam buku 234 Inovasi IPB dalam 615 Inovasi Indonesia yang diterbitkan oleh Business Inovation Center tahun 2013. Dijelaskannya, kadar limonin yang tinggi bisa menjadi potensi yang dapat diaplikasikan untuk produk pangan dan farmasi.

“Hasil rekayasa proses isolasi didapatkan kadar  kemurnian limonin yang dihasilkan sebesar 27 persen, sehingga tergolong dalam pharmaceutical grade dan dapat diaplikasikan untuk produk pangan dan farmasi,” imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement