Senin 07 Sep 2015 10:26 WIB

Broadcast Donor Sperma Bikin UGM Gerah

Rep: c 97/ Red: Indah Wulandari
Sperma
Sperma

REPUBLIKA.CO.ID,SLEMAN -- Sekretaris Bagian Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) dr. Teguh Triyono mengatakan, iklan sperma yang menyeret nama UGM merupakan pencemaran nama baik.

Maka, FK UGM saat ini sedang melakukan investigasi internal guna mengetahui siapa oknum di balik iklan tersebut.

"Nama yang ada di iklannya memang kami kenal dan ada di Fakultas Kedokteran. Tapi yang menyebarkan iklan bukan orang tersebut. Dia tidak tahu. Ini masuk pencemaran nama baik," kata Teguh pada konfensi pers di Gedung Dekanat FK UGM, Senin (7/9).

Ia menyampaikan akan memberikan hukuman pada oknum penyebar iklan. Terkait sanksinya akan dibahas di ranah universitas. Sebab pelakunya belum tentu mahasiswa. Sehingga pihak UGM masih menunggu hasil investigasi internal untuk klarifikasi.

Teguh menuturkan, pihak kampus mengetahui iklan tersebut sejak Sabtu (5/9) malam.

Sementara itu, terkait penelitian sperma oleh mahasiswa memang dibenarkan adanya. Namun, hal tersebut hanya dilakukan untuk pemenuhan keilmuan peserta didik. Tugas praktikum sperma pun hanya diberikan satu tahun sekali bagi mahasiswa S1. Jadi bukan kegiatan rutin harian atau bahkan mingguan.

Selama ini, praktikum menggunakan sampel sperma anonim dari sisa yang seharusnya dibuang. FK UGM tidak pernah mencari donor, apalagi menyebar iklan pencarian donor sperma secara terbuka.

Selain di kampus, UGM memang memiliki layanan identifikasi sperma di RS Sardjito. "Isu ini bukan dilakukan bagian kami. Yang kami lakukan scientific. Ini jadi berita yang menyita waktu. Seolah-olah kami mengoleksi sebanyak mungkin. Itu juga tidak ada penelitian apapun," ujar Teguh.

Wakil Dekan Akademik FK UGM dr. Ova Emilia menyampaikan, kampusnya memang sudah melakukan analisis sperma sejak lama. "Tapi karena analisis sperma masuk ke bagian laboratoris, kegiatan tersebut dilakukan oleh patologis," katanya.

Praktikum analisis sperma sendiri dilakukan di Gedung radiopoetro lantai 6. Tepatnya di ruang Practical Work Clinical Pathology UGM. Selain digunakan untuk menganalisis sperma, laboratorium tersebut dipakai untuk praktikum analisis semua jenis cairan dalam tubuh. Seperti darah dan sel manusia.

Ketua Program Studi Pendidikan Dokter, Dr. dr. Mahardika Agus Wijayanti, mengemukakan, mahasiswanya memang dituntut untuk menguasai manajemen keilmuan berbagai kasus.

"Analisis sperma ini dilakukan untuk mempelajari infertilitas pria. Setiap pembelajaran tentu ada kuliah dan praktikumnya (patologi klinis)," kata Mahardhika.

Broadcast yang menghebohkan tersebut berbunyi:

Guys, bingung cari uang? Lagi nganggur? Hobi menonton film porno di waktu luang? Manfaatkan kebiasaan mu untuk mencari uang!! Sekarang calon anak kamu yang biasa kamu buang bisa dijadikan uang!!

Syarat:

Melapor ke asdos PK (patologi klinis FK UGM) atau ke Ajib (08122962999).

Sampel dikeluarkan maksimal satu jam sebelum jam praktikum, container harap diambil dulu di lab PK lantai 5. Masturbasi bisa dilakukan di ruangan khusus di lantai 5 atau bisa di tempat tinggal pribadi, asal sampel dibawa tidak lebih dari satu jam setelah pengeluaran. Insentif fresh money sebesar 50rb setelah mengumpulkan sampel diambil di TU PK lantai 5.

Cuma bantu temen di klinik”.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement