Rabu 29 Jul 2015 18:50 WIB

Paduan Suara ITS Sabet Lima Medali di Italia

Rep: Andi Nurroni/ Red: Yudha Manggala P Putra
ITS
ITS

REPUBLIKA.CO.ID,  SURABAYA—Uni Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meraih sejumlah medali dalam kompetisi paduan suara di Italia. Pada ajang bertajuk 54th International Seghizzi Choral Singing Competition 2015 itu, PSM ITS memenangi lima medali dan sejumlah penghargaan lainnya.

Kegiatan yang berlangsung di Kota Gorizia tersebut berlangsug mulai 24 hingga 26 Juli. Kompetisi 54th International Seghizzi Choral Singing Competition 2015 merupakan lomba ajang paduan suara tingkat dunia. Lomba tersebut mengabadikan nama Cecilia Seghizzi, seorang komponis terkemuka Italia kelahiran Kota Gorizia.

Dalam ajang tersebut, PSM ITS mewakili Indonesia. Terdapat 40 personel dalam tim PSM ITS, yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Kelima medali yang diraih PSM ITS adalah  2nd Prize in Category 1A (Historical Period 1400-1640), 3rd Prize in Category 2 (Folk, Traditional, Spiritual, Gospel, pop and Jazz), dan 3rd Prize in Category 2A (Choral Arrangements of Folk and Traditional Songs). Lebih lanjut, ada pula raihan 4th Prize in Historic Category 1 dan 5th prize  in 27th Grand Prix Seghizzi 2015.

Tak hanya itu, UKM binaan Bambang Sumardiono ini juga berhasil memboyong dua penghargaan lain, yakni Best Prize for “Poetry in Music” dan Best Costume in Category 2A. Melalui siaran pers tertulis, Rabu (29/7), Ketua UKM PSM ITS Aranda Soedjono menyampaikan, ia dan rekan-rekan mengaku sangat bersyukur atas sejumlah kemenangan yang diraih.

Dengan begitu, menurut dia, torehan prestasi oleh unit kegiatan di bawah naungan Lembaga minat Bakat (LMB) ITS ini diyakininya bisa menjadi pelecut bagi sejumlah prestasi mahasiswa ITS lainnya. Menurut Aranda, keberhasilan PSM ITS meraih berbagai penghargaan ini tak lepas dari persiapan dan latihan yang matang.

 “Sebelumnya, telah digelar pula dua buah konser guna mematangkan persiapan sebelum bertolak ke Italia,” ujar Aranda. Dua konser tersebut berupa konser internal bagi Keluarga Mahasiswa (KM) ITS dan konser eksternal yang mendatangkan massa dengan cakupan penonton yang lebih luas. Sehingga, lanjutnya, tidak dipungkiri jika PSM ITS memang pantas membawa sejumlah penghargaan tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement