Kamis 11 Jun 2015 19:34 WIB

Robot Bermain Bulu Tangkis Bakal Ramaikan Kontes Robot di UMY

Kontes Robot Indonesia
Foto: Antara
Kontes Robot Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bersama Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi akan menyelenggarakan Kontes Robot Indonesia tingkat nasional pada 13-14 Juni 2015 di Gedung Sportorium kampus terpadu setempat. Peserta Kontes Robot Indonesia tingkat nasional ini diikuti 108 tim dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia wilayah region III yakni Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua Panitia Penyelenggara Kontes Slamet Riyadi mengatakan  setidaknya ada sebanyak 394 mahasiswa dan dosen yang terlibat dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) 2015. Namun itu belum termasuk tim mekanik yang disiapkan masing-masing peserta selama kontes berlangsung.

"Dari aspek persiapan panitia, semua fasilitas yang diperlukan peserta yang berkaitan dengan akomodasi, transportasi kemudian konsumsi selama kompetisi ditanggung panitia," kata Slamet.

Ia mengatakan, rangkaian acara kontes robot ini sebenarnya diselenggarakan sejak Jumat (12/6) yang diawali dengan percobaan robot pada sebuah arena yang telah disiapkan panitia, namun secara resmi baru akan dibuka pada Sabtu (13/6) dengan dihadiri pejabat Kemenristek dan Dikti. "Pada Sabtu (13/6) akan mulai babak penyisihan dan selanjutnya pada hari Minggu (14/6) babak akhir, sementara pembukaan dilaksanakan pada Sabtu yang akan dikuti Sekjen Kemenristek Dikti. Kami juga mengundang Gubernur DIY Sultan HB X," katanya.

Ia mengatakan, selama penyelenggaraan KRI tersebut panitia juga mengundang masyarakat umum dan pelajar sekolah menengah atas (SMA) untuk dapat menyaksikan kompetisi di bidang perkembangan teknologi robotic di Tanah Air itu. "Kami telah menyiapkan sekitar 3.000 tiket sesuai kapasitas Sportorium UM), sampai saat ini tiket sudah hampir dua per tiga terjual. Tentu kami juga mengundang media pada acara pembukaan yang dilanjutkan dengan pertandingan," katanya.

Slamet mengatakan, KRI kali ini mengambil tema 'badminton', sehingga akan ada robot yang bermain bulu tangkis sistim ganda di arena persis seperti lapangan olah raga itu lengkap dengan raket dan shuttlecock standar kompetisi nasional.

"Ini sangat menarik, kami harap kontes ini tidak hanya sebagai ajang kompetisi mahasiswa, tapi sebagai wisata teknologi bagi masyarakat, bahwa mahasiswa kita ternyata punya kemampuan yang luar biasa untuk berinovasi di bidang teknologi robot," katanya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement