Sabtu 21 Mar 2015 06:57 WIB

IPB Jadi Tuan Rumah Workshop Makanan dan Pertanian

Kampus IPB
Kampus IPB

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Direktorat Riset dan Inovasi Institut Pertanian Bogor (DRI IPB) bekerja sama dengan The Australia-Indonesia Centre (AIC) Food and Agriculture Cluster menggelar workshop di IPB International Convention Center (IICC) Bogor, belum lama ini.

Acara ini diikuti sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia dan Australia. PTN dari Indonesia, yaitu IPB, ITS, ITB, Unair, UGM, Unhas dan UI. Sedangkan PTN Australia adalah Monash University, Australia National University, University of Melbourne, The University of Sydney serta lembaga riset CSIRO.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor IPB Bidang Riset dan Kerja Sama Anas Miftah Fauzi. Dalam sambutannya, ia menyampaikan tujuan dan agenda dari pertemuan tersebut, untuk menyamakan langkah dan persepsi yang menjadi kepentingan bersama antara Indonesia dan Australia.

Dari pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan kesamaan pemikiran agar nantinya dapat menentukan langkah bersama. Ia juga menekankan pengelolaan sistem pangan yang baik.

“Salah satu kemungkinan yang akan menjadi tantangan bagi kita adalah soal integrasi rantai nilai, yaitu sistem integrasi yang mengatur mulai dari petani sampai investor. Bukan hanya sistem integrasi dalam negeri tapi juga integrasi pada tataran global. Dengan adanya koordinasi maka akan jelas siapa harus mengerjakan apa,” ujar Anas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement