Sabtu 07 Mar 2015 17:52 WIB

Berkat Sustainable Manufacturing, Dosen UM Magelang Raih Doktor

Rep: Heri Purwata/ Red: Indah Wulandari
Universitas Muhammadiyah Magelang
Universitas Muhammadiyah Magelang

REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG--Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah menambah satu akademisi doktor.

Dalam disertasi berjudul “Remanufacturing as a Potential Means of Attaining Sustainable Industrial Development in Indonesia”, Yun Arifatul berhasil menyelesaikan pendidikan doktor di Curtin University Australia dan menjadi doktor keenam di UM Magelang.

Dosen Prodi Teknik Industri Fakultas Teknik UM Magelang itu menjelaskan, pencapaian sustainable  manufacturing  menuntut perbaikan di setiap lini sistem manufacturing, mulai dari fase perancangan dan pengembangan produk hingga penanganan fase akhir umur produk.

“Prinsip doing  more  with  less menjadi pondasi penting dalam pencapaian sustainable  manufacturing melalui penerapan enam R, reduce, reuse, recondition, recycle, redesign and remanufacturing,” kata Yun Arifatul, Sabtu (7/3).

Yun yang menempuh studi empat tahun itu mengatakan, riset  ini komprehensif untuk industri kecil menengah di Indonesia dengan mengintegrasikan aspek teknik, lingkungan, ekonomi dan sosial melalui penerapan strategi remanufacturing  untuk mencapai keberlanjutan.

"Tingginya permintaan komponen otomotif yang diakibatkan meningkatnya jumlah pengguna produk otomotif secara signifikan dan potensi pencemaran lingkungan yang  diakibatkan karena  peningkatan jumlah limbah produk otomotif dapat diselesaikan dengan strategi remanufacturing,” kata Yun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement