Kamis 01 Jan 2015 22:15 WIB

UBH Teken Perkurakan Mahasiswa Dengan 24 Kampus Dunia

Universitas Bung Hatta
Universitas Bung Hatta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Universitas Bung Hatta (UBH) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bersama 24 Perguruan Tinggi (PT) di dunia telah melakukan kesepahaman atau MoU "Studend Exchange".

Rektor UBH, Prof Dr Niki Lukviarman SE Akt MBA di Padang, Kamis, mengatakan MoU telah dilaksanakan penandatanganan kerjasamanya dengan 24 PT se-dunia dalam mendeklarasikan "student exchange" diselenggarakan Master Course Graduate School of Engineering, di Gifu University, Jepang, beberapa hari lalu.

Menurut dia, kegiatan ini diprakarsai oleh Fakultas Teknik Gifu University dengan mengundangan pimpinan ke-25 perguruan tinggi tersebut untuk mengikuti The 1st International Joint Meeting of Global Enviromental and Energy Course (GU-GLEE) yang berlangsung pada 17 hingga 18 Desember 2014 di Jepang.

Lukviarman menyampaikan Gifu Universitas Global Environment dan Energi Course merupakan suatu program terbaru yang diluncurkan oleh Fakultas Teknik Gifu University untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan magister di Gifu University dan diperuntukan bagi mahasiswa dari Fakultas Teknik.

"Program ini diharapkan dapat memecahkan permasalahan lingkungan dan energi baik secara lokal maupun global sehingga dapat melahirkan sumber daya manusia yang dapat menciptakan dan mengembangkan dunia industri," ujarnya.

Ia mengatakan dalam pertemuan tersebut juga para delegasi menyampaikan profil perguruan tinggi dan fakultas tekniknya kemudian dilanjutkan dengan diskusi mengenai program pertukaran pelajar yang disepakati dengan penandatanganan naskah MoU.

"Terdapat empat point penting yang menjadi keputusan bersama yaitu untuk pengembangan pamahamanan dunia pendidikan di massa yang akan datang dan juga melibatkan partisipasi perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama, untuk melakukan promosi pertukaran mahasiswa dan pengenalan program studi para perguruan tinggi yang telah menjalin kerjasama," tambahnya.

Kemudian, untuk pelakukan berbagai riset bersama hingga mengadakan kerjasama kegiatan dalam mempublikasikan hasil penelitian dan membangun jaringanan dengan dunia industri, katanya.

Selain itu, dalam kerjasama ini juga tidak ditutup kemungkinan bagi mahasiswa yang ingin penelitian dan magang selama beberapa bulan serta melanjutakan pendidikan doktoral bagi dosen, tambahnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement