Kamis 04 Dec 2014 21:10 WIB

Unissula Kembangkan Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Eropa

Rep: bowo pribadi/ Red: M Akbar
Logo Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang
Logo Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang terus membuka kerjasama dengan perguruan tinggi di Eropa. Kali ini perguruan tinggi Islam terbesar di Semarang melakukan kerjasama dengan tiga perguruan tinggi dari daratan Eropa.

Ketiga perguruan tinggi itu adalah Rotterdam University dan Rotterdam Islamic University dari Belanda serta Universitate de Nantes, Perancis. "Beberapa draf nota kesepahaman kerjasama ini memang masih disempurnakan, namun proyek mini kerjasama ini sudah berjalan," ujar Rektor Unissula Semarang, Dr H Anis Malik Thoha Lc MA PhD, di kampus Unissula, Kamis (4/12).

Anis mengatakan saat ini sedikitnya 15 mahasiswa dari Rotterdam University sudah berada di Unissula untuk melakukan kerjasama penelitian selama tiga bulan. Mereka merupakan mahasiswa lintas fakultas yang telah mulai melakukan kerjasama penelitian sesuai dengan bidang keilmuan masing- masing.

"Diantaranya pengembangan ekonomi, manajemen pengelolaan air serta teknologi berwawasan kelestarian lingkungan," ujar Anis dalam presentasinya.

Ia juga mengungkapkan, kerjasama dengan tiga perguruan tingi di Eropa ini juga tak sebatas pada kerjasama penelitian dan pertukran mahasiswa. Namun juga kerjasama lain dalam jurnal penelitian. Contohnya Rotterdam University.

"Perguruan tinggi ini memang terkenal dengan teknologi dan manajemen pengelolaan airnya. Di semarang juga memiliki problem yang sama, sehingga mereka dapat menerapkan peneliian di sini," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement