Senin 24 Nov 2014 13:23 WIB

Dwikorita Dilantik Menjadi Rektor UGM

Dwikorita Karnawati
Foto: ugm.ac.id
Dwikorita Karnawati

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA--Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D resmi dilantik menjadi rektor UGM masa bakti 2014-2017.

Pelantikan Dwikorita dilangsungkan di Balai Senat UGM, Senin (24/11) dihadiri segenap pimpinan dan anggota Majelis Wali Amanat (MWA) serta pimpinan fakultas. 

“Bu Dwikorita adalah akademikus perempuan UGM yang pertama kali diangkat menjadi rektor,”papar Ketua MWA UGM Prof. Dr. Sofian Effendi.

Melalui musyawarah mufakat, MWA memutuskan untuk memilih dan menetapkan Prof. Dwikorita sebagai Rektor UGM antarwaktu menggantikan Prof. Dr. Pratikno yang saat ini menjabat sebagai Mensesneg.

 Kepemimpinan Dwikorita 2,5 tahun ke depan, ujarnya, merupakan masa paling menentukan status UGM sebagai universitas perjuangan, universitas nasional, dan universitas Pancasila. Tugas rektor baru, kata Sofian, juga mengonsolidasikan luaran lembaga pendidikan tinggi dengan kebutuhan nasional yang masih belum sinkron.

Selain itu, juga perlu mengoptimalkan program pascasarjana baik dari sisi jumlah mahasiswa maupun program studi. Jumlah mahasiswa pascasarjana UGM saat ini baru 25 persen dari total mahasiswa UGM. Diharapkan 10 tahun ke depan jumlahnya bisa ditingkatkan menjadi tiga kali lipat.

“Hanya ada sekitar 4-5 orang mahasiswa dari daerah di tiap kelas program studi S1. Jangan sampai UGM menjadi universitas lokal atau regional yang isinya mahasiswa dari DIY, Jateng, Jabar atau Jatim saja,”paparnya.

Sementara itu Rektor UGM masa bakti 2012-2014, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc mengaku telah berusaha membawa UGM sebagai rujukan bagi kemanusiaan dan kepemimpinan Indonesia di era global.

Kepada rektor baru, Pratikno berharap UGM nantinya bisa melahirkan generasi muda yang berbudaya, bersahaja namun cerdas sehingga berkontribusi bagi dunia.

“Tidak banyak yang bisa kami berikan. Mudah-mudahan UGM tetap maju, mengakar kuat dan menjulang tinggi,”papar Pratikno.

Selain dilantik menjadi Rektor UGM masa bakti 2014-2017, Dwikorita Karnawati juga menandatangani pakta integritas yang harus dijalankan hingga berakhir masa tugasnya, 25 Mei 2017. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement