Jumat 02 May 2014 19:56 WIB

29 PT Ikuti Kontes Robot Jateng-DIY

Kontes Robot Indonesia
Foto: Antara
Kontes Robot Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sebanyak 29 perguruan tinggi mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat regional Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta pada 8-10 Mei 2014.

"Sebanyak 24 PT tersebut terbagi dalam 69 tim yang akan berlaga dalam empat kategori perlombaan dalam KRI," kata Ketua Panitia KRI 2014 regional Jateng-DIY Sri Arttini Dwi P di Semarang, Jumat.

Ia menyebutkan empat kategori itu, yakni kontes robot ABU Indonesia (KRAI), kontes robot pemadam api Indonesia (KRPAI), kontes robot seni Indonesia (KRSI), dan kontes robot sepak bola Indonesia (KRSBI).

Untuk kategori KRPAI, kata Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang tersebut, masih terbagi dua ketegori, yakni robot beroda dan berkaki.

Perincian peserta, kata dia, 11 tim bertanding untuk KRAI, 18 tim untuk KRPAI berkaki, 24 tim untuk KRPAI beroda, tujuh tim bertanding untuk KRSBI, dan sembilan tim pada KRSI.

"Kebetulan, Unissula menjadi tuan rumah penyelenggaraan KRI regional Jateng-DIY tahun ini. Para kontestan memperebutkan tiket menuju KRI tingkat nasional di Yogyakarta, 18-22 Juni mendatang," katanya.

Khusus kategori KRAI, kata dia, pemenangnya dalam tingkat internasional berkesempatan mewakili Indonesia dalam ajang ABU Robocon 2014 pada 24 Agustus mendatang di Pune, India.

Ia mengharapkan penyelenggaraan kontes robot itu, bisa mendorong animo positif masyarakat, terutama kalangan pelajar berkaitan dengan ketertarikannya dengan dunia dan teknologi robotika.

"Karena itu, kami memberikan kesempatan masyarakat untuk menontonnya. Namun, harus mendaftar dulu untuk membeli tiket. Kami akan menyosialisasikan 'event' akbar ini ke sekolah-sekolah," kata Arttini.

Pembantu Dekan III Unissula Sarjuni mengemukakan perguruan tinggi itu mengirimkan tiga tim robotiknya yang telah lolos tahapan seleksi dan masuk KRI tingkat regional.

"Ada tiga tim kami yang ikut dalam kontes regional ini, yakni Tim Oke Muda Belia untuk kategori KRAI, Emiran D'Exe untuk kategori KRPAI berkaki, dan Beater 1.9 untuk kategori KRPAI beroda," katanya.

Unissula, kata Sarjuni, berharap tidak hanya sukses sebagai tuan rumah penyelenggaraan KRI regional, melainkan juga bisa sukses dengan kemenangan ketiga timnya dalam masing-masing kategori yang diikuti.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement