Rabu 02 Apr 2014 15:33 WIB

Tim Robot PENS Bertolak di Amerika Serikat

Kontes Robot Indonesia
Foto: Antara
Kontes Robot Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Tim Robot PENS yang digawangi Derry Pratama, Saiful Fatoni, dan Mughni Syahid, Rabu, bertolak ke Amerika Serikat untuk mengikuti "Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest 2014" pada 5-6 April.

Tim yang menjuarai Kontes Robot Cerdas Indonesia 2013 itu berangkat bersama Tim Robot Politeknik Bandung sebagai wakil Indonesia pada ajang robot internasional tahunan itu.

Keberangkatan Tim PENS itu membawa empat robot yang terdiri atas dua robot cerdas beroda dan satu robot cerdas berkaki.

Tim PENS terdiri dari tiga mahasiswa, dua pembimbing yakni Eko Henfri Binugroho MSc dan Rahardhita Widyatra S.ST, serta seorang ofisial yakni Dr Endra Pitowarno M.Eng.

"Total ada 16 orang dari Indonesia, dari Polban ada tujuh orang, Dikti ada dua orang dan PENS ada enam orang," kata Wadir Kemahasiswaan PENS, Dr Indra Adji S.

Meski keberangkatan mereka lewat bandara yang berbeda, namun mereka akan bertemu di Hong Kong saat singgah sebelum melanjutkan perjalanan ke AS.

"Bongkar pasang serta pemrograman robot sudah kita upayakan seoptimal mungkin, bahkan pada minggu-minggu akhir ini. Target kami robot dapat melaju dengan cepat menuju sasaran dan dapat melewati halangan," kata anggota tim, Saiful Fatoni.

Oleh karena itu, ia memohon doa restu dari semuanya agar diberi kelancaran saat keberangkatan, perlombaan, dan kepulangan. "Persiapan fisik serta mental menjadi hal utama, selain kemampuan berlaga robot," katanya.

Tim pun sempat meminta doa adik-adik KB/TK Sabiilus Salam yang beberapa waktu lalu sempat melihat uji coba robot sebelum dikemas.

"Saya harap kalian juga menjaga kehormatan bangsa dan institusi. Berikanlah yang terbaik pada pertandingan ini," kata Direktur PENS, Dr Zainal Arief, di sela-sela pemberangkatan tim.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement